INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur

Jum'at, 25 November 2022 - 15:21 WIB
loading...
INH Salurkan Bantuan Darurat untuk Korban Gempa Cianjur
Lembaga Kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). (Ist)
A A A
CIANJUR - Lembaga Kemanusian International Networking for Humanitarian (INH) menyalurkan bantuan logistik darurat untuk korban gempa di Cianjur, Jawa Barat, Jumat (25/11/2022). Bantuan itu disalurkan melalui posko bersama di Desa Ciherang, Kecamatan Pacet.

Koordinator Nasional Sahabat Relawan INH (Kornas Share) Rendhy Apriandi mengatakan, bantuan darurat merupakan assessmentpertama pasca gempa yang menelan banyak korban jiwa tersebut.

"Ini merupakan assessment awal untuk membantu meringankan korban yang terdampak bencana gempa bumi dengan memberikan bantuan kebutuhan mendesak untuk warga seperti makanan, susu kebutuhan balita seperti pempers dan obat-obatan," kata Rendhy.

INH kata Rendhy, sudah melakukan penggalangan dana untuk memberikan bantuan lanjutan kepada mereka yang terdampak, mudah-mudahan dalam waktu dekat ini, lembaganya bisa kembali menyalurkan bantuan lainnya.

"Untuk saat ini kebutuhan yang masih belum terpenuhi seperti terpal untuk tenda pengungsi. Karena kami melihat banyak pengungsi yang berteduh didalam tenda-tenda yang terbuat dari bahan seadanya," kenangnya.

Rencananya, selain memberikan bantuan logistik daruruat, INH juga akan melakukan bantuan untuk anak-anak yang mengalami trauma dengan mendatangkan sikolog untuk memberikan pelayanan trauma healing kepada anak-anak yang terdampak bencana.

"Kami juga akan melakukan inventaris masjid dan lembaga-lembaga pendidikan seperti majelis taklim yang mengalami kerusakan untuk dilakukan renovasi dan bantuan berupa al quran dari program wakaf Quran yang selama ini sudah menjadi program jangka panjang lembaga kami," jelasnya.

Ketua Dewan Pengawas INH Sahlan Damiri yang ikut dalam rombongan pengiriman bantuan memberikan motivasi kepada para korban agar tetap bersabar dan tentunya selalu khusnudzon kepada sang pencipta. Ia menyakini bencana ini bagian dari ujian dari Allah subhanahu wa ta'ala untuk meningkatkan derajat manusia.

"Semoga para keluarga korban baik yang meninggal maupun yang selamat selalu diberi ketabahan, yakin lah Allah subhanahu wa ta'ala tidak akan memberikan ujian yang melebihi dari batas kemampuan manusia," ucapnya.

Sahlan berpesan, kepada para pengungsi agar tidak terburu-buru kembali ke rumah mengingat masih banyak gempa susulan disekitaran Cianjur. Menurutnya, keselamatan jiwa di atas segalanya daripada mempertahankan harta benda yang sifatnya hanya sementara.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1711 seconds (11.210#12.26)