Korupsi Pembangunan Puskesmas, Mantan Kadis Kesehatan Batanghari Ditangkap

Jum'at, 25 November 2022 - 15:52 WIB
loading...
Korupsi Pembangunan Puskesmas, Mantan Kadis Kesehatan Batanghari Ditangkap
Mantan Kadis Kesehatan Batanghari ditangkap. Foto: Nanang/SINDOnews
A A A
JAMBI - Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batanghari, EY dan empat orang rekannya ditangkap petugas Tipikor Ditreskrimsus Polda Jambi. Mereka diduga menggelapkan uang pembangunan Puskesmas Bungku.

Usai ditangkap, EY dan empat rekannya yakni AT, MF, DH dan AG langsung ditetapkan tersangka dan ditahan. Dengan memakai rompi warna orange bertuliskan tahanan, kelimanya digelandang polisi dengan tangan diborgol.

Beberapa awak media mencoba meminta konfirmasi kepada para tersangka, namun mereka enggan komentar.

Baca juga: Korupsi Wali Kota Ambon, KPK Periksa 11 Kepala Dinas

"Didukung dengan sejumlah dokumen, gedung ini ternyata memiliki sertifikat laik yang direkomendasikan Dinas PUPR Kabupaten Batanghari dan diterbitkan DPMPTSP Kabupaten Batanghari," sebut Muhammad Sahlan Samosir, kuasa hukum terduga pelaku korupsi di Mapolda Jambi, Jumat (25/11/2022).

Dikatakan dia, bahwa sebelum sertifikat terbit, gedung puskesmas ini sudah melewati serangkaian pemeriksaan.

"Iya, sebelum terbit sertifikatnya, gedung tersebut sudah dilakukan serangkaian pemeriksaan dari para ahli, termasuk ahli konstruksi dan ahli sipil," sambungnya.

Baca: Kasus Korupsi DAK Labuhanbatu Utara, KPK Panggil Dua Kepala Dinas

Sementara itu, penyidik Polda Jambi menyebutkan, bahwa bangunan Puskesmas Bungku yang menelan anggaran miliaran ini total loss.

"Total loss, berarti gedung ini tidak bisa dimanfaatkan. Padahal, kesimpulan dari pemeriksaan sudah menyatakan gedung ini bisa difungsikan. Sudah terbit sertifikat laik fungsi, sebagai izin penggunaan gedung,” jelasnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1421 seconds (11.252#12.26)