Ribuan Gardu Listrik PLN Rusak, Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Gelap Gulita

Senin, 21 November 2022 - 20:40 WIB
loading...
Ribuan Gardu Listrik PLN Rusak, Wilayah Terdampak Gempa Cianjur Gelap Gulita
Gardu PLN rusak akibat guncangan gempa M5,6 di Cianjur. Foto: Arif/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Lebih dari 1.000 gardu listrik di Cianjur dan Sukabumi, mengalami kerusakan imbas gempa bumi M5,6 yang melanda perbatasan Sukabumi dan Cianjur. Alhasil, banyak wilayah terdampak gempa gelap gulita.

Ratusan petugas dari PT PLN (Persero) pun dikerahkan dan bergerak cepat untuk memulihkan kondisi kelistrikan.

Sampai dengan pukul 18.00, baru 33% penyaluran pelanggan (penyulang) berhasil dipulihkan. Sementara sisanya dalam proses penormalan.



Adapun gardu distribusi yang telah menyala sebanyak 322 gardu dengan sekitar 50.000 pelanggan terdampak telah berhasil dinormalkan dan menyala kembali.

“Kami terus berupaya memulihkan kelistrikan di Cianjur dengan cepat. Tentunya dalam pelaksanaan tugas, tetap mengedepankan keselamatan warga,” ujar Muhammad Hermansyah, Manager PLN UP3 Cianjur, Senin (21/11/2022).

Selain pemulihan kelistrikan, PLN juga menyalurkan bantuan cepat bagi warga terdampak berupa bahan makanan seperti beras 120 karung, mi instan 240 dus, sarden 240 kaleng, mi cup instan 120 dus, dan minyak goreng 120 dus.



PLN terus berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan juga Posko Satgas Bencana BUMN di Cianjur untuk mendata dan memastikan penyaluran bantuan selanjutnya bagi warga terdampak.

PLN mengimbau masyarakat agar selalu waspada terhadap bahaya kelistrikan ketika terjadi bencana. Warga secara mandiri dapat mematikan listrik dari Mini Circuit Breaker (MCB) pada kWh meter.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1329 seconds (0.1#10.140)