6 Raja Wanita Penguasa Nusantara, Nomor 3 Pegang Peran Besar di Majapahit

Senin, 21 November 2022 - 15:01 WIB
loading...
6 Raja Wanita Penguasa Nusantara, Nomor 3 Pegang Peran Besar di Majapahit
Terdapat sejumlah raja wanita yang pernah menguasai nusantara. Salah satunya Ratu Nahrasiyah. Foto DOK @SejarahAceh
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah raja wanita yang pernah menguasai nusantara . Bahkan di antara mereka sempat mengantarkan kerajaannya mencapai masa keemasan.

Dalam sejarah kerajaan nusantara tidak semata-mata kekuasaan dipegang oleh kaum pria. Hal ini mungkin akan sulit dipercaya, karena ditengah sistem patriarki yang kental di masa lalu akan sulit bagi seorang wanita menguasai dan memerintah sebuah kerajaan.

Baca juga : Ini Raja Wanita yang Pernah Memerintah Kerajaan Majapahit, Nomor 2 Hidupkan Budaya Lokal

Berikut enam raja wanita yang pernah menguasai nusantara :

1. Ratu Nahrasiyah - Samudera Pasai

Dilansir dari fin.unusia.ac.id, Ratu Nahrasiyah merupakan ratu dari kerajaan Samudra Pasai yang berkuasa dari 1405-1428M. Selama masa pemerintahannya, banyak perempuan terlibat aktif dalam penyebaran Islam, beberapa di antaranya menjadi penyiar agama.

Selain itu Ratu ini juga berhasil meningkatkan laju perdagangan, serta kerap memperjuangkan hak-hak perempuan yang kala itu sering diremehkan. Karena itu raja perempuan ini selalu dihormati teruntuk kalangan wanita.

2. Sultanah Safiatuddin - Aceh

Sultanah Safiatuddin merupakan putri tertua dari Sultan Iskandar Muda, yang pernah menjadi raja di Kesultanan Aceh Darussalam. Dia memiliki gelar Paduka Sri Sultanah Ratu Safiatuddin Tajul Alam Syah Johan Berdaulat Zillu Ilahi fi'I Alam.

Selama memerintah selama 35 tahun, Sultanah Safiatuddin membentuk barisan perempuan pengawal istana yang turut bertempur di dalam Perang Malaka pada tahun 1639. Pada masa kekuasaannya ini ilmu dan kesusastraan juga mulai berkembang pesat di Aceh.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2001 seconds (11.97#12.26)