Bangunan RS Regional Takengon Ambruk, Polda Aceh Kerahkan Tim Forensik Engineering

Minggu, 20 November 2022 - 16:36 WIB
loading...
Bangunan RS Regional Takengon Ambruk, Polda Aceh Kerahkan Tim Forensik Engineering
Polda Aceh mengerahkan Tim Forensik Engineering untuk memeriksa penyebab ambruknya bangunan RS Regional Takengon, Aceh Tengah. Foto: iNewsTV/Yusradi
A A A
ACEH - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Aceh terus mendalami penyebab runtuhnya proyek bangunan rumah sakit (RS) Regional Takengon di Kabupaten Aceh Tengah . Bahkan, polda mengerahkan tim forensik engineering.

Tim forensik engineering yang dilibatkan itu berasal dari dua universitas di Aceh yakni ahli dari Politeknik Lhokseumawe dan Universitas Syiah Kuala. Mereka diterjunkan langsung untuk memastikan penyebab ambruknya bangunan tersebut.

Baca juga: Polda Aceh Periksa 3 Instansi Buntut Gedung RS Regional Ambruk

Pantauan di lokasi, terlihat tim forensic engineering melakukan pengecekan secara detail konstruksi bangunan yang ambruk, baik di lantai dasar maupun di lantai pertama bangunan di dampingi tim khusus Polda Aceh.



Ketua Tim Forensic Engineering, Faisal Rizal mengatakan, tim ini melibatkan ahli struktur, ahli beton, ahli geoteknik serta ahli gagal bangunan.

“Selain melakukan pengecekan fisik bangunan tim juga akan memeriksa dokumen proyek pembangunan rumah sakit (RS) Regional ini,” katanya.

Baca juga: Bangunan Sekolah 3 Lantai di Palembang Ambruk, Pekerja Tewas Tertimpa Reruntuhan

Sementara itu, mantan kepala dinas kesehatan Aceh Tengah bersama rekanan dan konsultan pengawas ikut hadir di lokasi pemeriksaan bangunan ambruk tersebut.

Kapolres Aceh Tengah, AKBP Nurochman Nulhakim mengatakan, untuk urusan teknis pihak Dirkrimsus Polda yang berwenang memberi keterangan. “Polres hanya mendampingi tim polda dan pengamanan lokasi,” ungkapnya saat dikonfirmasi.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3956 seconds (10.177#12.26)