Miliki Potensi Besar, Menparekraf Siapkan Palembang jadi Pariwisata Berbasis Olahraga

Sabtu, 19 November 2022 - 18:26 WIB
loading...
Miliki Potensi Besar, Menparekraf Siapkan Palembang jadi Pariwisata Berbasis Olahraga
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Foto/SINDOnews/Dede Febriansyah
A A A
PALEMBANG - Potensi besar di bidang olahraga yang dimiliki Kota Palembang, sedang dibidik Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno. Kota Palembang, disiapkan untuk menjadi pusat pengembangan pariwisata berbasis olahraga nasional.



Sandiaga Uno mengatakan, disiapkannya Kota Palembang dalam pengembangan pariwisata berbasis olahraga nasional, dibuktikan dengan ditunjuknya kota empek-empek tersebut sebagai tuan rumah Pekan Olahraga Pariwisata Nasional (Poparnas) 2022.



"Ada sebanyak 385 peserta dalam gelaran Poparnas 2022, sekaligus pertama di Indonesia yang diselenggarakan Politeknik Pariwisata pada 19-22 November di Palembang," ujar Sandiaga Uno di Poltekpar Palembang, Sabtu (19/11/2022).



Para peserta Poparnas meliputi kalangan mahasiswa Ilmu Kepariwisataan Nasional, yang bertanding memperebutkan piala bergilir Menparekraf untuk cabang olahraga bulu tangkis, basket 3x3, tenis meja, futsal, E-sport, seni pencak silat, sport dance competition.

"Palembang ini yang difokuskan mengusung keunggulan di bidang pariwisata berbasis olahraga, karena memang ini adalah keunggulannya. Untuk itu, selanjutnya Poparnas tetap akan diadakan di Palembang," jelasnya.



Menurutnya, pariwisata olahraga merupakan bagian dari Health Tourism yang memiliki peluang hingga 2,3 juta lapangan kerja. Generasi muda maupun pelaku pariwisata diharapkan turut mengambil peluang tersebut.

"Jadi konsepnya bukan hanya olahraga saja yang turut merasakan dampak sport tourism, ada UMKM hingga industri yang terlibat. Potensi ini harus diambil sebagai momentum kebangkitan pariwisata di tengah ancaman resesi global," pungkas Sandiaga Uno.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1252 seconds (0.1#10.140)