Satgas Yonif Raider 303 SSM Bantu Alirkan Air Bersih di Distrik Ilaga Papua

Sabtu, 19 November 2022 - 15:24 WIB
loading...
Satgas Yonif Raider 303 SSM Bantu Alirkan Air Bersih di Distrik Ilaga Papua
Satgas Yonif Raider 303/SSM membantu mengatasi kesulitan masyarakat di Kampung Kelanoin, Ilaga, Puncak, Papua dengan membangun saluran air bersih. Foto/Ist
A A A
PUNCAK - Satgas Yonif Raider 303/SSM membantu mengatasi kesulitan masyarakat di Kampung Kelanoin, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua. Personel Satgas berhasil membangun saluran air bersih.

Setelah mendengar dan melihat secara langsung kendala warga yang kesulitan mendapatkan air bersih, personel Pos Komando Taktis bersama warga bergotong royong membuat saluran air bersih untuk digunakan oleh masyarakat.



Dansatgas Satuan Organik Yonif Raider 303/SSM, Letkol Inf Slamet Faojan menyatakan, Program Manunggal Air merupakan program unggulan TNI AD yg ditunjukan kepada daerah yang kesulitan untuk mendapatkan air bersih.

"Kami melaksanakan Program Manunggal Air tepatnya di Kampung Kelanoin, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, di mana masyarakat di sini dalam penuhi kebutuhan sehari-hari hanya menggunakan air hujan, baik untuk mandi minum maupun kehidupan sehari-hari," kata Slamet Faojan dalam keterangannya, Sabtu (19/11/2022).



Dansatgas berharap dengan adanya program ini masyarakat tidak lagi kesulitan mendapatkan air untuk memenuhi kebutuhan sehari hari. Sehingga dapat meningkatkan kesehatan masyarakat.

"Air kita ambil dari sumber mata air yang jaraknya kurang lebih 2,5 kilometer dari kampung," ujarnya.


Kegiatan diawali dengan penentuan titik-titik penampungan air, kemudian dilanjutkan dengan pemasangan selang dari sumber air lalu dialirkan menuju tandon air. Dari tandon tersebut air dialirkan ke rumah maupun honai-honai masyarakat yang belum mendapatkan air bersih.

Kepala Kampung Distrik Kelanoin, Robinus mengatakan, selama ini warganya selalu kesulitan mendapatkan air bersih untuk mencuci, masak dan minum. Warga hanya menggunakan air tadah hujan, dengan memanfaatkan drum sebagai wadah air apabila hujan turun.

Sumber air dari Kampung Kelanoin jaraknya cukup jauh, yakni sekitar 2,5 km.

“Terima kasih kami ucapkan kepada TNI, sudah membawa air untuk keluarga kami. Selama ini kami hanya gunakan air hujan, ketika hujan kami gunakan. Waktu kemarau susah dapat air, tapi sekarang kami sudah dapat air. Tuhan memberkati," katanya.

Masyarakat Kampung Kelanoin pun semringah setelah mendapatkan air bersih yang dibangun bersama TNI untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2360 seconds (0.1#10.140)