Guru Harus Inovatif dan Kreatif untuk Jadikan Siswa Didik Game Changer

Sabtu, 19 November 2022 - 00:00 WIB
loading...
Guru Harus Inovatif dan Kreatif untuk Jadikan Siswa Didik Game Changer
Gubernur Khofifah Indar Parawansa berharap guru lebih inovatif dan kreatif.
A A A
SURABAYA - Puncak ajang bergengsi tahunan tingkat provinsi, GTK Creative Camp (GCC) Batch 3 ditutup Gubernur Jawa Timur Khofifah Indah Parawansa . Banjir penghargaan diterima oleh juara terbaik dari berbagai kategori lomba.

Mereka berkompetisi di bidang Anugerah Penulis Buku, Video Tourism, Kewirausahaan, Film Pendek. Selanjutnya bidang lomba Fashion, Pembelajaran Berbasis IT, Desain Grafis, bidang lomba Daur Ulang, Inovasi Kompetensi Kepala Sekolah Terakhir bidang lomba Optimasi Peran Pengawas Sekolah.

Dinas Pendidikan Prov Jatim juga milih cabang terbanyak peserta GCC, kacab inspiratif, cabang terbaik pemerataan GTK, cabang terbaik input data A - GTK 1.7 dan cabang terbanyak prosentase IKM Mandiri.

Baca juga: Bojonegoro Gempar! Makam Dibongkar, Kain Kafan Jenazah Dikubur 12 Tahun Masih Utuh

Tahun ini, sebanyak 18.338 peserta yang terdiri dari guru SMA/SMK dan PKPLK, Kepala Sekolah, Cabang Dinas dan Kepala Pengawas Sekolah di Jatim telah mengikuti kegiatan yang dilaksanakan sejak Agustus lalu.

Jumlah ini meningkat 189,52 persen di banding tahun 2021 yang hanya diikuti 6.333 orang atau 27,09 persen, dan 2020 dengan 4.983 peserta.

Dalam sambutannya pada GCC Batch 3 ini, Gubernur Khofifah Indar Parawansa mengungkapkan adanya kegiatan ini menjadi bermakna karena pesertanya apresiatif. Ia mencontohkan seperti lebih 4 ribu peserta memilih sektor kewirausahaan dan lebih 3 ribu peserta memilih sektor IT.

Menurut Khofifah, baik kewirausahaan maupun digital IT menjadi satu kesatuan ditengah kemajuan peradaban saat ini. Sebab, kata dia tren saat ini untuk kewirausahaan jika ingin membangun akses pasar dunia harus menguatkan ekosistem digital, pendidikan dan sektor lain.

"Karena itu skill para guru dan anak didik harus bersahabat dengan digital IT," ujarnya, Jumat (18/11).

Gubernur perempuan pertama di Jatim ini mengungkapkan, saat ini dunia sedang mengalami perubahan. Sehingga dibutuhkan inovasi dan inisiasi untuk mengupdate berbagai percepatan perubahan yang terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)