Murid Tak Pakai Jilbab Di-bully di Sekolah, Orang Tua Lapor ke Polres Sragen

Senin, 14 November 2022 - 19:37 WIB
loading...
Murid Tak Pakai Jilbab Di-bully di Sekolah, Orang Tua Lapor ke Polres Sragen
Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama menjelaskan kasus perundungan yang menimpa siswi SMA berinisial S. Foto/iNews TV/Joko Piroso
A A A
SRAGEN - Seorang siswi SMA Negeri 1 Sumberlawang, Sragen, Jateng berinisial S (14) menjadi korban perundungan (bullying) karena tidak menggunakan hijab saat sekolah. Tak terima, orang tua korban melaporkan kasus yang menimpa anaknya ke Polres Sragen.

Polisi sedang memproses aduan tersebut dengan mengedepankan prinsip ultimum remedium dengan mengedepankan mediasi dan pendekatan ranah pidana menjadi langkah terakhir.


Meskipun pihak sekolah telah melakukan deklarasi anti perundungan dan kekerasan, namun pihak korban mengaku belum ada tindakan nyata untuk menyelesaikan permasalahan perundungan tersebut.

Bahkan korban dan saudaranya masih enggan masuk sekolah karena malu dan takut. Keluarga pun telah membuat aduan ke Polres Sragen karena merasa tidak ada penyelesaian secara nyata oleh sekolah.



Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama menyatakan, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Sragen telah memproses aduan ini. Namun pihaknya akan mengedepankan pendekatan ultimum remedium dalam kasus ini, langkah pidana menjadi tindakan akhir dan mengupayakan restorative justice.

Dalam waktu dekat petugas akan memfasilitasi pihak terkait untuk dilakukan mediasi ataupun dialog agar kejadian serupa tidak terulang kembali.



Diketahui aksi perundungan terhadap korban S oleh oknum guru mata pelajaran karena tidak menggunakan hijab terjadi di saat jam pelajaran matematika. Akibatnya korban merasa tertekan dan memilih pulang meninggalkan kelas.

Di hari yang sama, guru yang bersangkutan disebut langsung meminta maaf ke orang tua korban. Namun keesokan harinya, korban kembali ke sekolah dan kembali mendapat perundungan secara tidak langsung oleh kakak kelasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)