Realisasi Pembangunan IKN Dipuji : Jokowi Tidak Meninggalkan Masyarakat Lokal

Senin, 14 November 2022 - 17:09 WIB
loading...
Realisasi Pembangunan IKN Dipuji : Jokowi Tidak Meninggalkan Masyarakat Lokal
Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang digagas oleh Presiden Joko Widodo mendapat banyak pujian. (Ist)
A A A
PENAJAM PASER UTARA - Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru yang digagas oleh Presiden Joko Widodo mendapat banyak pujian. Dalam merealisasikan pembangunan , Jokowi dinilai tidak meninggalkan masyarakat lokal.

Bupati Penajam Paser Utara, Ir Hamdan mengakui bahwa Jokowi selalu mengedepankan kepentingan masyarakat lokal dalam pembangunan IKN. Salah satu contohnya adalah pemerintah terus mendorong peningkatan SDM masyarakat di wilayah-wilayah penyangga IKN.

“Proses perpindahan IKN ini seperti arahan Pak Presiden Jokowi tidak boleh sama sekali meninggalkan warga lokal. Seperti contohnya peningkatan SDM. Pemerintah pusat melalui program-peogramnya dan melaui kementeriannya mulai melakukan pelatihan pada masyarakat lokal,” ujar Hamdan.

Hamdan mengatakan masyarakat sangat bahagia dengan kehadiran IKN tersebut. Sebab berbagai sektor tumbuh dan menggeliat berkat pembangunan IKN yang terus diupayakan oleh Jokowi.

“Berbagai sektor menggeliat karena sudah melihat peluang-peluang yang bisa ditangkap di IKN. Salah satunya adalah kesejahteraan masyarakat,” kata Hamdan.

Baca: Covid-19 di Kabupaten Cirebon Melonjak, 2 Pekan 114 Kasus.

Selain sektor ekonomi, IKN juga membawa dampak pemerataan infrastruktur. Berkat Jokowi, pembangunan wilayah-wilayah luar Jawa masif digalakkan.

“Saya pikir IKN lahir memang untuk pemerataan pembangunan. Berubah dari Jawa Sentris menjadi Indonesia Sentris. Terutama yang kita rasakan yang awal merasakan adalah yang berada di sekitaran lokasi pembangunan,” pungkasnya.
(nag)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3687 seconds (11.252#12.26)