Masjid Sheikh Zayed Solo Diresmikan, Ganjar Harap Jadi Pusat Kajian

Senin, 14 November 2022 - 13:39 WIB
loading...
Masjid Sheikh Zayed Solo Diresmikan, Ganjar Harap Jadi Pusat Kajian
Masjid Sheikh Zayed di Kota Solo telah diresmikan. Peresmian dilakukan Presiden Jokowi dan Presiden UEA Mohamed Bin Zayed, Senin (14/11/2022) pagi. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SOLO - Masjid Sheikh Zayed di Jalan Ahmadi Yani, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo telah diresmikan. Peresmian dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Presiden Uni Emirat Arab (UEA), Mohamed Bin Zayed, Senin (14/11/2022) pagi.

Masjid yang memiliki luas 8.000 meter persegi itu memiliki warna bernuansa putih dan emas. Masjid ini juga merupakan replika dari Sheikh Zayed Mosque di Abu Dhabi, UEA.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang turut mendampingi Jokowi saat peresmian kagum dengan arsitektur masjid megah tersebut. Fasilitas di dalamnya pun lengkap seperti ruang VIP, perpustakaan seluas 20 meter persegi hingga basement.

Ganjar berharap Masjid Sheikh Zayed dapat menjadi pusat pembelajaran, pengkajian, dan hal-hal yang bersifat menciptakan moderasi beragama. "Saya berharap masjid ini menjadi pusat untuk memoderasi segalanya, sehingga masjid ini bisa menjadi center of excellent. Masyarakat berdiskusi, membedah sesuatu," kata Ganjar usai peresmian.

Masjid Sheikh Zayed adalah hadiah dari Mohamed Bin Zayed untuk Jokowi. Masjid ini dapat menampung 10.000 jamaah. Dengan demikian, masjid ini menjadi yang terbesar di Kota Solo.

Dengan daya tamping mencapai 10.000 jamaah itu, diharapkan Masjid Sheikh Zayed dapat digunakan sebagai pusat ibadah dan kegiatan keagamaan lainnya. Ganjar juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kebersihan dan merawat Masjid Sheikh Zayed secara bersama-sama.
(poe)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1836 seconds (0.1#10.140)