Banjir di Karawang Terus Meninggi, Warga Terpaksa Mengungsi

Minggu, 13 November 2022 - 21:33 WIB
loading...
Banjir di Karawang Terus Meninggi, Warga Terpaksa Mengungsi
Tim SAR mengevakuasi warga di Karawang yang rumahnya terendam banjir. Hingga Minggu (13/11/2022) banjir masih terus meninggi. Foto: Istimewa
A A A
KARAWANG - Banjir masih merendam rumah warga di 3 RT Dusun Pengasinan, Desa Karangligar, Kecamatan Telukjambe, Karawang , Minggu (13/11/22).

Sebanyak 564 jiwa dari 188 kepala keluarga terdampak banjir. Bahkan sebagian di antaranya mengungsi ke rumah kerabat terdekat.

Baca juga: 2 Desa di Karawang Diterjang Banjir Setinggi 1 Meter, 100 Rumah Terendam

Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karawang, Yasin Nasrudin mengatakan sudah 155 rumah warga yang terendam banjir sejak Minggu subuh. Banjir belum terlihat surut meski Karawang tidak turun hujan hingga sore ini.



"Selain karena intensitas hujan sejak semalam, banjir terjadi karena kirimaan dari sungai Cibeet dan sungai Darawolong," kata Yasin.

Menurut dia, banjir terjadi di dua desa yaitu Desa Karangligar dan Mulyajaya Kecamatan Telukjambe Barat. Namun dampak paling parah terjadi di Desa Karangligar warga warga yang terdampak terus mengalami peningkatan hingga mencapai 564 jiwa. "Desa Karangligar memang lebih parah dan ketinggian air sudah 1 meter lebih," ujarnya.

Baca juga: Belasan Rumah Warga Cianjur Ludes Terbakar, Api Diduga dari Tungku Pembakaran

Yasin mengatakan, akibat jumlah warga yang terdampak terus bertambah dan ketinggian air terus meninggkat hingga ada sebagian warga memilih untuk mengungsi di rumah kerabat yang aman dari banjir.

Petugas BPBD menggunakan perahu karet mengevakuasi warga yang mengungsi. " Kami sudah siapkan perahu karet untuk membantu warga yang mau mengungsi sementara," ujar dia.

Petugas BPBD, kata Yasin, sudah mengirim bantuan makanan dan minuman serta kebutuhan lainnya untuk warga yang terdampak. Selain itu pihaknya terus memantau ketinggian air yang terus mengalami peningkatan. "Kami sudah siaga kalau perlu semua warga kita ungsikan kalau ketinggian air tidak menyusut," tandasnya.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1630 seconds (10.101#12.26)