Besok, Jokowi dan Putra Mahkota UEA Resmikan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo

Minggu, 13 November 2022 - 21:11 WIB
loading...
Besok, Jokowi dan Putra Mahkota UEA Resmikan Masjid Raya Syeikh Zayed Solo
Masjid Raya Syeikh Zayed Solo terlihat megah di malam hari, masjid ini akan diresmikan Presiden Jokowi dan Putra Mahkota UEA, besok, Senin (14/11/2022). Foto: Instagram/wali kota Solo
A A A
SOLO - Masjid Raya Sheikh Al Zayed Solo akan diresmikan Presiden Joko Widodo danPutra Mahkota Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan, besok Senin (14/11/2022).

Kepastian peresmian masjid megah itu disampaikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, melalui akun Instagram pribadinya, Kamis (10/11/2022).

“Arsitektur Masjid Raya Syeikh Zayed Solo, yang besok akan diresmikan oleh Presiden Jokowi dan Putra Mahkota Uni Emirat Arab Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan,” katanya.



Dia menyebutkan, masjid tersebut mampu menampung sekitar 10.000 jamaah dan menjadi pusat pengajaran Islam yang rahmatan lil 'aalamin di Kota Solo.

“Masjid Raya Syeikh Zayed akan menjadi simbol persahabatan dua negara muslim terbesar di dunia,” kata Gibran.



Awalnya, peresmian masjid tersebut direncananya akan diresmikan pada 17 November 2022, namun dimajukan menjadi Senin tanggal 14 November 2022 besok.

Sebelumnya pada tahap akhir pemasangan karpet di bagian dalam masjid. Sedangkan pengerjaan lain seperti penggantian sejumlah tanaman, sesuai instruksi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sudah dilakukan.



Terkait kesiapan lahan parkir, akan menggunakan lahan bekas Detasemen Pembekalan Angkutan (Denbekang) IV-44-04/Surakarta seluas 2.000 meter persegi di sebelah barat masjid.

"Denbekang sudah rata tanah (sudah dirubuhkan) tinggal menghaluskan. Jadi kesiapan parkir sudah," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Surakarta Hidayat Maskur mengatakan, beberapa unsur masyarakat yang akan dilibatkan pada kepengurusan masjid, di antaranya tokoh masyarakat, tokoh agama, dan seluruh organisasi masyarakat.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.7072 seconds (0.1#10.140)