Masjid Sheikh Zayed Solo Replika di Abu Dhabi Mulai Dibangun

loading...
Masjid Sheikh Zayed Solo Replika di Abu Dhabi Mulai Dibangun
Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo hadiah dari Pangeran Abu Dhabi, UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Jokowi dimulai, Sabtu (6/3/2021). Foto/Okezone/Bramantyo
SOLO - Pembangunan Masjid Sheikh Zayed Solo mulai dilaksanakan di Kota Solo, Jawa Tengah Sabtu (6/3/2021) siang. Masjid yang merupakan hadiah dari Pangeran Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan untuk Presiden Jokowi ini merupakan replika Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi.

Baca juga: ASN Muslim Bukittinggi Wajib Ikut, Salat Subuh Berjamaah Dipusatkan di Tiga Masjid

Peletakan batu pertama dilakukan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Energi UEA Suhel Muhammad Mazroi, Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Baca juga: Mengenal Masjid Al Aqsha, Pesona Kiblat Pertama Umat Muslim

Dalam sambutannya Suhel Muhammad Mazroi menyatakan negaranya sangat menghormati Indonesia dan pemimpinnya. Karena itu, di Uni Emirat Arab ada sebuah jalan yang diberi nama Joko Widodo. Dan ada satu masjid di Abu Dhabi yang diberi nama Masjid Joko Widodo.

Masjid Sheikh Zayed Solo Replika di Abu Dhabi Mulai Dibangun


"Kami mengucapkan terima kasih pada pemerintah Kota Solo dan para menteri yang memudahkan pembangunan masjid ini. Dan kita berdoa semoga diberi kemudahan dalam segala sesuatu," katanya, Sabtu (6/3/2021).



Sementara Menag mengatakan pembangunan Masjid Agung Sheikh Zayed Solo mempunyai nilai sejarah untuk semua umat muslim di Indonesia.

"Masjid raya ini didedikasikan pada seluruh umat Islam. Masjid ini insya Allah akan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat Solo pada khususnya dan Jateng dan bangsa Indonesia pada umumnya," katanya.

Menurut Menag, masjid terindah yang akan menjadi mercusuar Islam di tanah air ini, tidak hanya untuk menjadi tempat salat berjamaah. Tapi berfungsi sebagai pusat dakwah sosial dan pembinaan umat dan destinasi wisata religi yang menjunjung nilai nilai kesucian masjid itu sendirian.

Sedangkan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyebut Masjid Sheikh Zayed Solo sebagai salah satu pusat pendidikan Islam di kota Solo. "Semoga pembangunan masjid dapat berjalan lancar dan meningkatkan derajat keimanan kita kepada Tuhan Yang Maha Esa,” katanya. .

Masjid Sheikh Zayed Solo yang dibangun di bekas depo Pertamina, Gilingan di Kota Solo, diproyeksikan mampu menampung 10.000 jemaah. Masjid dirancang agak miring dengan mengarah pada kiblat. Sebelah timur akan ada bulevard. Sisi depan dibuat air mancur dikombinasikan dengan pohon lokal Kota Solo. Lahan parkir di samping sehingga tidak mengganggu tampak depan.



Masjid nantinya mampu menampung 10.000 jemaah. Sedangkan Masjid di Abu Dhabi dapat menampung 40.000 jemaah. Namun kubah utama tetap ada tiga seperti masjid aslinya. Selain untuk tempat ibadah, masjid juga dapat dimanfaatkan sebagai wisata religi.

Bentuk masjid yang indah juga dilengkapi penataan lighting yang sangat menawan dan material berkualitas di antaranya memakai kuningan dan tembaga berkualitas dari Jawa Tengah.
(shf)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top