Hasil Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Jabar

Minggu, 13 November 2022 - 20:07 WIB
loading...
Hasil Survei: Elektabilitas Ridwan Kamil Tertinggi di Jabar
CIGMark melakukan survei pemetaan untuk memotret preferensi public terhadap calon gubernur Jawa Barat, partai politik peserta pemilu dan kandidat presiden 2024. (Ist)
A A A
JAKARTA - Jawa Barat sebagai provinsi yang memiliki jumlah pemilih terbesar di Indonesia tentu menjadi perhatian bagi para kontestan pemilu, baik pemilu legislative maupun pemilu presiden.

Jumlah Daftar Pemilih Tetap Jawa Barat pada Pemilu 2019 tak kurang dari 33,3 juta. Karenanya, dalam konstalasi politik nasional, khususnya kontestasi politik electoral, Provinsi Jawa Barat menjadi wilayah paling ‘seksi’ untuk diperebutkan.

Dalam pusaran politik Indonesia, Jawa Barat menjadi salah satu wilayah battle ground, wilayah ‘pertempuran’ antar kandidat peserta pemilu karena selain memiliki jumlah pemilih paling besar, Jabar memiliki keunikan dalam karakteristik pemilih.

Lantas, bagaimana peta politik di Jabar menjelang pemilu serentak 2024?
Untuk membaca konstalasi peta kekuatan politik di Jabar tersebut, CIGMark Research and Consulting melakukan survei pemetaan untuk memotret preferensi public terhadap calon gubernur Jawa Barat, partai politik peserta pemilu dan kandidat presiden 2024.

Selain itu, CIGMark juga mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Pemerintah Provinsi Jawa Barat di bawah kepemimpinan Ridwan Kamil.

Hasil survei CIGMark menunjukkan peta kekuatan calon presiden 2024 di Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil (RK) yang saat ini masih menjabat gubernur mulai mendominasi.

Berdasarkan pertanyaan terbuka atau Top of Mind sosok RK mengantongi dukungan paling tinggi sebesar 22,1%. Demikian pula dalam simulasi pertanyaan tertutup tentang siapa calon presiden yang akan dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan saat ini, Ridwan Kamil menempati elektabilitas paling tinggi (39,2%) dari 18 nama yang diuji.

Di urutan kedua adalah Prabowo Subianto (23,5%), disusul Anies Baswedan (14,9%) dan Ganjar Pranowo (8,1%). Sedangkan elektabilitas kandidat lainnya di bawah 5%.

Sementara itu, pemilih yang belum memutuskan (undecided voters) 3,8%. Dilihat dari aspek loyalitas pendukung (strong supporter), figur RK juga menempati paling tinggi yaitu sebesar 31,5%, meninggalkan cukup jauh Prabowo Subianto yang selama ini cukup bersinar di Jawa Barat.

Pemilih loyal Prabowo (16,1%), Anies Baswedan (9,5%), Ganjar Pranowo (5,1%). Sementara itu, dari segi popularitas capres di Provinsi Jawa Barat sosok Ridwan Kamil merupakan figure yang paling dikenal dan disukai di Jawa Barat.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)