Terharu! Soepardjo, Veteran Perang Berusia 97 Tahun Tegap Berdiri Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan

Kamis, 10 November 2022 - 16:32 WIB
loading...
Terharu! Soepardjo, Veteran Perang Berusia 97 Tahun Tegap Berdiri Jadi Inspektur Upacara Hari Pahlawan
Soepardjo (97), veteran perang kemerdekaan asal Kota Salatiga, Jawa Tengah menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan selama 1,5 jam, Kamis (10/11/2022). Foto/iNews TV/Lurisa Lulu
A A A
SALATIGA - Soepardjo, veteran perang kemerdekaan asal Kota Salatiga, Jawa Tengah menjadi inspektur upacara Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022). Hebatnya, di usia 97 tahun masih bisa tegap berdiri selama 1,5 jam menjadi inspektur upacara.

Mantan pasukan Batalyon I Divisi IV Resimen 23 Kota Salatiga itu tetap mampu berdiri kokoh hingga selesainya upacara. Prosesi upacara diikuti puluhan veteran dan pegawai ASN Pemkot Salatiga.

Baca juga: 5 Tokoh Muhammadiyah Bergelar Pahlawan Nasional

Soepardjo masih nampak terlibat bugar dan dengan ingatan yang tajam. Selesai upacara Soepardjo pulang ke rumah di Desa Kali Baru, Kutowinangun Kidul, Salatiga, Jawa Tengah.

Suasana haru langsung terpancar di wajah Soepardjo, saat Pj Wali Kota Salatiga, Sinoeng Noegroho Rachmadi mendatangi kediamannya.



Tangis kesedihan tak mampu terbendung di wajahnya saat mendapat perhatian berupa bantuan dari Pj Wali Kota Salatiga

Di usianya yang sudah hampir 1 abad, veteran perang yang kini tinggal di rumah tua bersama istri tercintanya mengaku sangat bersyukur atas apresiasi pemerintah yang telah mengenang jasa para pahlawan.

Baca juga: Deretan Pahlawan Nasional yang Juga Seorang Seniman

Sementara Sinoeng mengatakan bahwa Pemkot Salatiga akan selalu memberikan perhatian lebih kepada para veteran yang telah berjasa besar meraih kemerdekaan bangsa Indonesia.

"Upacara kali ini istimewa karena yang menjadi Inspektur Upacara yakni bapak Soepardjo yang yuswo (usianya) sudah 97 tahun. Ini menjadi inspirasi bagi kita semua untuk terus melanjutkan semangat para pahlawan," ujarnya.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2091 seconds (11.252#12.26)