Kepincut Pesona Wisata Pantai Labuang, Pj Gubernur Sulbar Serukan Stop Buang Sampah Plastik

Kamis, 10 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
Kepincut Pesona Wisata Pantai Labuang, Pj Gubernur Sulbar Serukan Stop Buang Sampah Plastik
Pj Gubernur Sulbar, Akmal Malik menyatakan kekagumannya setelah mengunjungi dan menyaksikan pesona wisata Pantai Labuang di Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Rabu (9/11/2022). Foto Antara
A A A
MAMUJU - Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Barat (Sulbar) Akmal Malik menyatakan kekagumannya setelah mengunjungi dan menyaksikan pesona wisata Pantai Labuang di Desa Laliko, Kecamatan Campalagian, Kabupaten Polman, Sulbar, Rabu (9/11/2022). Akmal pun meminta warga tidak buang sampah, terutama plastik di pantai tersebut.



"Kalau kita ingin membersihkan pantai, maka stop penggunaan plastik agar tidak menjadi sampah, tidak perlu menggunakan plastik untuk minum karena banyak wadah yang dapat digunakan para pengunjung di areal Pantai, karena di rumah jabatan Gubernur Sulbar plastik sudah tidak lagi digunakan sebagai wadah untuk minum dan itu dapat dilakukan," kata Akmal, Rabu (9/11/2022).

Ia meminta agar dibuatkan Peraturan Desa laliko yang tujuannya untuk melarang penggunaan plastik digunakan para pengunjung untuk minum.

"Gunakan wadah lain agar tidak mengotori wisata pantai yang indah itu," pungkasnya.

Gubernur mengunjungi wisata pantai tersebut bersama pihak Pemerintah Kabupaten Polman dan komunitas laut biru yang pada kesempatan itu melaksanakan kegiatan dengan tema 'Menyelam Bersama, Bersihkan Laut di Pantai Labuang Desa Laliko'.

Gubernur Sulbar meminta agar pengelolaan wisata pantai Laliko yang agar menjadi primadona wisata pantai di Sulbar terus dijaga kebersihannya, terbebas dari sampah plastik.

Ia juga meminta agar ke depan pantai Labuang dapat menjadi pusat kegiatan sejumlah event pemerintah. Sehinggar pantai tersebut semakin ramai dikunjungi masyarakat.

"Ajak dan libatkan anak sekolah, dengan menghadirkan anak Paud, SD dan SMP serta SMA, untuk menggelar berbagai acara di pantai Laliko, sehingga semakin ramai dikunjungi," katanya.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Polman, Parial Patajangi berharap dukungan dari seluruh pihak termasuk pemerintah provinsi agar pantai tersebut dapat dikembangkan.

"Kawasan ini dapat dikembangkan menjadi kawasan pariwisata selama tidak hanya level lokal tetapi nasional dan diharapkan investor dapat masuk untuk mengembangkan kawasan wisata tersebut," katanya.

Ia mengatakan, pemerintah Polman telah menjadikan lokasi pantai Laliko sebagai destinasi kalender event pariwisata Kabupaten Polman.

"Pantai Labuang memiliki keanekaragaman ekosistem lautnya, dan akan dapat menjadi salah satu potensi untuk peningkatan pariwisata daerah sehingga masyarakat dan penggiat lingkungan terus dilibatkan, menjaga dan mencintai laut, agar tetap bersih di Desa Laliko," tegasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1730 seconds (0.1#10.140)