Cerita Pasutri Tinggal di Gua dalam Area Pemakaman Majalengka, Riuh Suara Alam

Minggu, 06 November 2022 - 15:16 WIB
loading...
Cerita Pasutri Tinggal di Gua dalam Area Pemakaman Majalengka, Riuh Suara Alam
Ini lah penampakan pintu gua tempat pasutri berteduh dan disebut tinggal di dalamnya. Gua tersebut berada di area pemakaman di Majalengka. Foto: SINDOnews/Inin Nastain
A A A
MAJALENGKA - Hidup di dalam gua pada era sekarang menjadi sesuatu yang tidak lazim. Namun, warga Kabupaten Majalengka dihebohkan dengan adanya pasangan suami-istri ( pasutri ) Nuryana-Tuti, warga Desa Majasari, Kecamatan Ligung yang disebut-sebut tinggal di dalam gua.

Nuryana dan Tuti, sempat menjadi perbincangan warga setelah mengungkap kisahnya tinggal di dalam gua bersama sang suami. Pantauan SINDOnews di lokasi, Minggu (6/11/2022), gua tersebut berada di area pemakaman Buyut Tianganjung Desa Majasari.



Dari letaknya, pemakaman itu memiliki jarak yang lumayan jauh dengan permukiman. Terletak di tengah sawah dan dibatasi sungai, lahan areal pemakaman itu cukup rindang dengan banyaknya pohon-pohon besar.



Di ujung areal pemakaman terdapat jurang, atau warga setempat biasa menyebutnya Gawir. Di bagian bawah gawir itulah terdapat gua, yang menghadap ke lahan pertanian yang ditanami kangkung dan genjer.

Begitu tiba di lokasi, suasana teduh begitu terasa. Deretan pohon-pohon besar dan kicauan berbagai jenis burung liar, menguatkan kesan keasrian areal pemakaman yang di dalamnya terdapat gua.

Seperti pada umumnya, gua yang memiliki lubang panjang. Pemandangan tersebut juga terlihat di gua yang menjadi tempat tinggal Nuryana bersama sang istri. Bagi yang ingin masuk, harus menundukkan badan lantaran mulut gua itu memiliki ketinggian yang rendah. Begitu berada di dalam, orang yang masuk bisa berdiri tegak.



Namun, gua tersebut bukan lah gua yang dibuat oleh orang-orang terdahulu, apalagi manusia pra sejarah. Gua itu baru hadir setelah dibuat oleh Nuryana sekitar 7 tahun lalu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0963 seconds (0.1#10.140)