Lukas Enembe Diperiksa, Tim Penyidik Didampingi Ketua KPK dan Kapolda Papua

Kamis, 03 November 2022 - 13:56 WIB
loading...
Lukas Enembe Diperiksa, Tim Penyidik Didampingi Ketua KPK dan Kapolda Papua
Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri dan Ketua KPK Firli Bahuri usai pertemuan di Mapolda Papua berangkat ke kediaman Gubernur Papua, Lukas Enembe di Koya Tengah, Jayapura. Foto/iNews TV/Omega Batkorumbawa
A A A
JAYAPURA - Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini diperiksa oleh tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (3/11/2022). Ketua KPK Firli Bahuri ikut mendampingi tim penyidik saat melakukan pemeriksaan.

Proses pemeriksaan dilakukan di rumah Gubernur Papua Lukas Enembe di Koya Tengah, Jayapura.

Baca juga: Lukas Enembe Minta Diperiksa Penyidik KPK di Kediaman Pribadi, Kenapa?

"Memang benar Ketua KPK akan mendampingi timnya saat pemeriksaan oleh penyidik KPK," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri.

Kapolda mengungkapkan, Ketua KPK dan rombongan telah tiba di Jayapura pada Kamis pagi. Selanjutnya, Firli Bahuri mendampingi penyidik serta tim dokter KPK memeriksa Gubernur Papua Lukas Enembe.



"Saya juga akan mendampingi Ketua KPK dan tim ke kediaman Gubernur Enembe di Koya Tengah, Jayapura pada siang ini setelah pertemuan di Mapolda Papua," tegas Mathius Fakhiri.

Terpisah, pengacara Gubernur Papua Lukas Enembe, Aloysius Renwarin menyatakan bahwa tim hukum dan advokasi Gubernur Papua (THAGP) sudah siap mendampingi Gubernur Enembe selama pemeriksaan.

Baca juga: Tim Penyidik KPK Tiba di Jayapura, Kuasa Hukum Lukas Enembe: Belum Ada Surat Resmi

"Saya bersama tim yang ada di Jayapura siap mendampingi Gubernur Enembe selama pemeriksaan di kediaman pribadi," ujarnya.

Sedangkan Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Papua dr Donald Arronggear mengatakan bahwa dokter independen yang mendampingi dokter KPK dari Jakarta.

"Dokter pendamping dari IDI Pusat," ujarnta.

Diketahui, KPK sebelumnya telah menetapkan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka kasus suap dan gratifikasi sebesar Rp1 miliar.
(shf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1538 seconds (10.177#12.26)