Cinta Kebudayaan Daerah Jadi Inspirasi Milenial Sumut Suarakan Ganjar Presiden 2024

Senin, 31 Oktober 2022 - 22:49 WIB
loading...
Cinta Kebudayaan Daerah Jadi Inspirasi Milenial Sumut Suarakan Ganjar Presiden 2024
Srikandi Ganjar Sumut mengadakan lomba kebudayaan bertajuk Gerakan Milenial Siap Mendukung Ganjar atau Gempur di Desa Stabat Baru, Stabat, Kabupaten Langkat, Senin (31/10/2022). Foto: Istimewa
A A A
LANGKAT - Relawan pendukung Ganjar Pranowo yang tergabung dalam Srikandi Ganjar Sumatera Utara (Sumut) mengadakan lomba kebudayaan bertajuk 'Gerakan Milenial Siap Mendukung Ganjar' atau Gempur di Desa Stabat Baru, Stabat, Kabupaten Langkat .

Lomba dibagi menjadi 2 sesi, yaitu sesi lomba tari yang setiap kelompok terdiri dari 4 sampai 5 orang dan juga 11 penampil untuk sesi fashion show. Diiringi lagu daerah Sumut, mereka menyuguhkan penampilan terbaik mereka dalam memperkenalkan kebudayaan, khususnya kebudayaan etnik Tanah Melayu.

"Hari ini kegiatan kami bertema Gempur ya, di mana kami mengadakan art competition yaitu kompetisi untuk fashion show etnik tradisional dan juga lomba tari tradisional 8 etnik yang ada di Sumatera Utara," kata Ketua DPW Srikandi Ganjar Sumut, Firda Annisa Sirait di lokasi pada Minggu (30/10/2022).



Firda menjelaskan, lomba art competition yang membawa tema besar kebudayaan itu merupakan representasi dari sosok Ganjar Pranowo yang begitu mencintai dan mengapresiasi kebudayaan dari berbagai daerah.

Hal tersebut tercermin dari kebijakan Ganjar melalui Surat Edaran (SE) Nomor 065/0016031/2019, bahwa setiap pegawai di jajaran birokrasinya wajib mengenakan pakaian adat Jawa pada Kamis pekan pertama hingga ketiga dan pakaian adat nusantara setiap Kamis pekan terakhir.



Selain itu, Ganjar juga menciptakan banyak wadah atau ruang kreasi bagi kalangan milenial untuk saling berjejaring dan menciptakan karya, mulai dari kesenian, kebudayaan dan sosial melalui program Hetero Space yang semakin diminati banyak kalangan milenial.

"Kegiatan kami dilatarbelakangi dari representasi dari Pak Ganjar sendiri, di mana beliau sangat mencintai budaya daerah dan sangat rispek dengan pemuda dan pemudi yang mau melestarikan budayanya," beber Firda.



Apalagi di Jawa Tengah kata dia, Ganjar Pranowo punya Hetero Space yang ditujukan sebagai ruang bagi para milenial untuk dapat berkreasi dan mengkreasikan budaya-budaya daerah mereka.

Oleh sebab itu, dia pun mengharapkan anak muda untuk mendorong inspirasi dari sosok Ganjar Pranowo yang senantiasa mencintai dan melestarikan kebudayaan Bangsa Indonesia yang begitu kaya dan beragam.

"Kami berharap lebih banyak lagi khususnya perempuan milenial yang lebih mengenal Pak Ganjar dan lebih mendukung beliau. Kami juga berharap para milenial lebih mencintai budayanya, jangan hanya budaya asing saja. Karena kita tau budaya Indonesia itu sangat kaya dan melimpah," ucap Firda.

Mahda, dari kelompok tari Perahu Etnik yang menjadi juara pertama pada lomba tari kebudayaan, menginginkan perlombaan dari Srikandi Ganjar Sumut lebih sering lagi diadakan, khususnya di daerah-daerah yang jauh dari perkotaan. Hal itu agar mampu menggali potensi-potensi milenial dari setiap daerah.



"Kegiatan dari Srikandi Ganjar ini sangat membuat anak muda sekarang lebih bisa berkreasi lagi terhadap tarian dan lebih mengetahui lagi tentang budaya, khususnya budaya daerah Sumatera Utara," ungkapnya.

Selain itu, ia juga menyebutkan, sosok Ganjar Pranowo yang diusung para Srikandi Ganjar adalah sosok yang begitu sederhana dan dekat dengan kalangan milenial. Tak heran jika banyak anak muda yang ingin lebih mengenal Ganjar dan menginginkannya menjadi Presiden tahun 2024 mendatang.

"Saya mengikuti Pak Ganjar ini sudah lama ya, dari Tiktok dan sosial media lainnya kan banyak ya beliau berbagi informasi dan kegiatan beliau sehari-hari untuk masyarakat. Beliau ini orangnya luar biasa, hebat dan merakyat dengan semua kalangan termasuk dengan milenial seperti kami," tandasnya.
(nic)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)