Kapal Tanker Young Yong Kandas, TNI AL Pastikan Jalur Pelayaran Selat Singapore dan Malaka Aman

Senin, 31 Oktober 2022 - 22:02 WIB
loading...
Kapal Tanker Young Yong Kandas, TNI AL Pastikan Jalur Pelayaran Selat Singapore dan Malaka Aman
KAL Marapas melaksanakan patroli di sekitar lokasi kandasnya kapal tanker Young Yong yang mengangkut ratusan ribu ton minyak di Pulau Nipah, Kepri. Foto: Istimewa
A A A
SURABAYA - TNI Angkatan Laut ( TNI AL ) memastikan jalur pelayaran Selat Singapore dan Selat Malaka aman untuk dilalui kapal menyusul kandasnya tanker Young Yong GT 153911 di perairan Pulau Nipa, Kepulauan Riau.

Satuan Kapal Patroli (Satrol) Lantamal IV dalam hal ini KAL Marapas I-4-65 diperintahkan melaksanakan patroli lanjutan terhadap kapal tanker pengangkut minyak 284.429 ton tersebut.

Kapal tanker Young Yong yang berbendera Djebouti tersebut bermuatan minyak, kandas pada posisi 01 07 655 U - 103 42 429 T sejak 27 Oktober dan sampai saat ini Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal IV) menugaskan KAL Marapas melaksanakan patroli di sekitar kapal tanker tersebut.

Baca juga: Kapal Tanker Pengangkut 284.429 Ton Minyak Kandas di Selat Singapura

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI Kemas M. Ikhwan Madani menuturkan, keberadaan unsur kapal patrolinyanya di lokasi tersebut dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebocoran pada tanker Young Yong.



“Patroli ini bertujuan untuk memastikan dan mengantisipasi adanya kebocoran crude oil pada tanki cargo sehingga kita bisa antisipasi terjadinya pencemaran dan dampak lingkungannya, dan juga yang penting kita pastikan MV Young Yong posisinya aman bagi pelayaran internasional, tidak bergeser dan tidak mengganggu lalu lintas TSS Singapura-Indonesia,” katanya.

Selain melaksanakan patroli, prajurit KAL Marapas juga melakukan penyelaman untuk memastikan tidak ada kebocoran. Namun, penyelaman harus ditunda sebab arus kuat di area tersebut akan dilanjutkan pada hari ini.

Baca juga: Kapal Tanker Pengangkut 284.429 Ton Minyak Kandas di Selat Singapura, TNI AL Siapkan Evakuasi

Komandan KAL Marapas Kapten Laut (P) Almahdi menjelaskan, pada hari ini sudah dilaksanakan penyelaman untuk mengecek seluruh bagian kapal namun hasil nihil disebabkan arus yang begitu kuat.

“Penyelaman akan dilaksanakan kembali pada hari Senin. Informasi dari menejemen kapal akan dicarikan kapal tanker spek yang sama untuk ships to ships cargonya," tambahnya.

Keberadaan KAL Marapas di lokasi kandasnya tanker Young Yong merupakan tindak lanjut dari perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar seluruh prajurit dan jajaran TNI AL harus memberikan manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat.
(nic)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1479 seconds (10.55#12.26)