Gagasan MBKM Jokowi Membuat Mahasiswa Kuasai Berbagai Bidang

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 15:23 WIB
loading...
Gagasan MBKM Jokowi Membuat Mahasiswa Kuasai Berbagai Bidang
Gagasan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang berhasil direalisasikan Presiden Jokowi dinilai membawa banyak dampak positif khususnya bagi mahasiswa. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
BENGKULU - Gagasan Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM) yang berhasil direalisasikan Presiden Jokowi dinilai membawa banyak dampak positif khususnya bagi mahasiswa. Pasalnya program tersebut mampu mendorong para mahasiswa untuk menguasai berbagai bidang.

Wakil Rektor IV Universitas Bengkulu (UNIB) Prof Irfan Gustian mengatakan, kebijakan Jokowi merealisasikan MBKM sudah sangat tepat. Menurutnya, gagasan tersebut memberikan ruang kepada mahasiswa untuk mempelajari bidang-bidang lain.



“Pemerintah merealisasikan MBKM, jadi mahasiswa tidak terkotak pada satu bidang saja. Dia bisa belajar di bidang yang lain,” ujar Irfan pada seminar bertajuk ‘Sumpah Pemuda: Menakar Peran Sentral Generasi Muda di Era Pemerintahan Jokowi Dalam Membangun Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’ di kampusnya, dikutip Sabtu (29/10/2022).

Manfaat program MBKM lainnya menurut Irfan adalah mahasiswa memiliki akses lebih untuk berjejaring sosial. Sebab MBKM memberikan akses bagi kampus-kampus di Tanah Air untuk saling bersinergi satu sama lain.

“Kemudian pergaulan mahasiswa tidak bergaul hanya di kampus saja, dia bisa mengambil kampus lain dan bergaul dengan temannya dengan kampus lain. Saya kira itu sudah dibuka lebar oleh pemerintah,” terangnya.

Terakhir, melalui MBKM Presiden Jokowi memberikan ruang untuk mahasiswa mengembangkan minat dan bakatnya. Para mahasiswa diberi kebebasan untuk mengejar pasion yang dimilikinya.



“Mahasiswa diberi ruang oleh pemerintah untuk mengejawantahkan kreatifitasnya. Membuat mereka tidak terkungkung. Bisa keluar ide-ide baru,” pungkasnya.
(shf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)