Meriah! Suku Moni Rayakan Sumpah Pemuda di Intan Jaya Papua

Jum'at, 28 Oktober 2022 - 17:45 WIB
loading...
Meriah! Suku Moni Rayakan Sumpah Pemuda di Intan Jaya Papua
Kemeriahan Semarak Sumpah Pemuda di Intan Jaya, yang dipusatkan di Pos Kodim Persiapan (Koper) Satgas YPR 305/Tengkorak. Foto/Ist.
A A A
INTAN JAYA - Suasana meriah dirasakan warga Suku Moni di Kabupaten Intan Jaya, Papua, saat memperingati Sumpah Pemuda. Semarak Sumpah Pemuda tersebut, dipusatkan di Pos Kodim Persiapan (Koper) Satgas YPR 305/Tengkorak.

Baca juga: Hari Sumpah Pemuda, HT: Generasi Muda Harus Jadi Pencipta Lapangan Kerja

Seluruh aparat TNI dan Polri yang dikomandoi oleh Letkol Inf. Ardiansyah, bersama Raja Aibon Kogila melebur dengan masyarakat Intan Jaya, meneriakkan tiga butir Sumpah Pemuda.



Para orang tua, pemuda, guru, tokoh agama, tokoh masyarakat dan anak-anak sekolah, memenuhi area percontohan program ketahanan pangan yang disiapkan oleh para kesatria Tengkorak.

Baca juga: Mayat Wanita Muda Gemparkan Penghuni Kos di Boyolali

Bukan hanya orang disekitar Pos Koper yang hadir, namun hampir semua perwakilan kampung di Intan Jaya, datang memeriahkan acara peringatan Hari Sumpah Pemuda. "Ini di luar perkiraan kami. Mereka datang dari Kampung Pesiga, Puyagiya, Bilogai, Wandoga, Jalai, Bulapa, Galunggama, Mimitapa, Yokatapa, Holomama dan Mamba," terang Raja Aibon Kogila.

Serda Nursalim memandu acara didampingi oleh Ham Sondegau sebagai transfer dari bahasa Indonesia ke bahasa Moni. Ham Sondegau, pemuda Kampung Wandoga siswa kelas 3 SMU Sugapa, menerjemahkan setiap ucapan Nursalim maupun Raja Aibon Kogila ke bahasa Moni agar semua yang disampaikan dimengerti.

Semua yang hadir mengikuti acara dengan tertib. Sesekali, setelah Ham Sondegau mengulangi ucapan Raja Aibon, semua yang duduk di tenda dan luar tenda bertepuk tangan. Terpancar dari wajah warga Intan Jaya rasa tenang dan nyaman saat berada bersama-sama prajurit TNI dan Polri.

Meriah! Suku Moni Rayakan Sumpah Pemuda di Intan Jaya Papua
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2370 seconds (10.101#12.26)