Wapres Ma'ruf Amin Apresiasi Himpuni Bahas Isu Transisi Energi Berkelanjutan

Kamis, 27 Oktober 2022 - 20:09 WIB
loading...
Wapres Maruf Amin Apresiasi Himpuni Bahas Isu Transisi Energi Berkelanjutan
Wakil Presiden KH Maruf Amin memberikan apresiasi kepada Himpuni yang memfasilitasi diskusi terkait berbagai konsep pengembangan energi terbarukan. Foto dok/SINDOnews
A A A
BOGOR - Perhimpunan Organisasi Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (Himpuni) memfasilitasi diskusi terkait berbagai konsep pengembangan energi terbarukan . Atas upaya Himpuni tersebut Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin memberikan apresiasi.



Ma'ruf menyampaikan, pemerintah akan membawa isu transisi energi pada forum pertemuan Presidensi G20 di Bali pada November mendatang. Ia menyebut, salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan tranformasi energi baru terbarukan (EBT) adalah melalui ekosistem kendaraan listrik. Baca juga: Amazon dengan Senang Hati Bantu Indonesia Bikin Harga Energi Terbarukan Lebih Terjangkau

"Saya mengharapkan hasil dari diskusi akan turut menyukseskan tercapainya agenda kepemimpinan Indonesia pada G20 dan mendukung implementasi kebijakan transisi energi sebagai sebuah kontribusi bagi keberlangsungan kehidupan umat manusia di seluruh dunia," kata Ma'ruf ketika menutup secara virtual kegiatan Himpuni, Rabu (26/10/2022) di IPB Convention Center, Bogor, Jawa Barat.

Kegiatan side event road to G20 yang mengangkat tema “Guarding Energy Transition in Indonesia and Beyond: High Level Policy Discussion on Promoting Investment, Financing and Development of Renewable and Green Energy” ini berlangsung dua hari, sejak Selasa (25/10/2022).

Pada hari kedua, event Himpuni diisi dengan "Governers Forum" tentang strategi para gubernur dalam mentransisikan energi di daerahnya. Hadir dalam sesi ini Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan dan Pj Gubernur Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin.

Wapres menyampaikan, kebijakan transisi energi diharapkan dapat mengurangi konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 3 juta barel serta menurunkan emisi CO2 sebanyak 1,4 juta pada tahun 2070. "Oleh karena itu saya mengajak BUMN maupun pihak swasta untuk dapat berkolaborasi mewujudkan target tersebut," ujarnya. Baca Juga: Ma'ruf Amin Harap Semua Pihak Miliki Semangat Kepemudaan
Anggota Presidium Himpuni, Akhmad yang membacakan resume kegiatan selama dua hari tersebut menegaskan bahwa Himpuni terpanggil untuk turut serta memikirkan cara terbaik dalam transisi energi. "Kami terus mendorong upaya pemerintah dalam transisi energi dari yang berbasis fosil menjadi energi berkelanjutan," ucapnya.

Hasil diskusi selama dua hari, kata Akhmad, akan disampaikan kepada pemerintah. "Harapannya, dapat lebih membantu pemerintah dalam mengimplementasikan kebijakan transisi energi berkelanjutan," tutupnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)