Sambut Tahun Emas 2045, TGB HM Zainul Majdi Sebut Indonesia Butuh Karakter Santri

Senin, 24 Oktober 2022 - 15:07 WIB
loading...
Sambut Tahun Emas 2045, TGB HM Zainul Majdi Sebut Indonesia Butuh Karakter Santri
TGB HM Zainul Majdi menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional yang digelar CSSMoRA di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang.
A A A
JOMBANG - Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi menyebutkan, karakter santri yang ada di pesantren akan sangat menentukan dalam menyambut Indonesia Emas pada 2045 mendatang. Karakter tersebut adalah kejujuran dan dapat dipercaya.

Hal itu disampaikan TGB HM Zainul Majdi menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional, Istighosah dan Do'a Bersama yang digelar oleh Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs ( CSSMoRA) di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang, Senin (24/10/2022).

Acara tersebut mengusung tema "Aktualisasi Peran Santri dalam Membangun Bangsa Berdaya dan Bermartabat Insani. Selain TGB HM Zainul Majdi, acara tersebut juga dihadiri, Ketua Asosiasi Ma'had Aly Indonesia, KH Nurhannan dan Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz.

Baca juga: Jadi Pembicara Seminar di Ponpes Tebuireng, Ini Pesan TGB HM Zainul Majdi buat Santri

TGB HM Zainul Majdi mengatakan, saat zaman berubah sangat cepat sekali dan tidak pernah diperkirakan sebelumnya. Saat ini sudah masuk dalam era revolusi 4.0. Dan bahkan dalam waktu dekat akan memasuki era revolusi 5.0. Padahal sebelumnya, rentang waktu antara satu revolusi dengan revolusi berikutnya sangat lama.

Revolusi industri pertama kali berlangsung pada tahun 1760-an. Revolusi ini ditandai dengan ditemukannya mesin uap yang digunakan dalam proses produksi sebuah barang. Baru kemudian revolusi 2.0 yang terjadi pada awal abad ke-19 atau sekitar tahun 1870-an.

Revolusi ini ditandai dengan penemuan tenaga listrik. Di tahun 1970-an. terjadi revolusi industri 3.0 yang dipicu perkembangan mesin-mesin pintar seperti komputer dan software. Pada tahun 2011, mulai terjadi revolusi industri 4.0 yang sebelumnya diawali dengan revolusi internet. "Dan dalam waktu dekat kita akan memasuki era revolusi industri 5.0," ujar TGB.

Teknologi digital, kata dia, akan banyak menggantikan peran manusia. Teknologi ini juga memberi kemudahan dalam dalam setiap aktivitas manusia. Sehingga tak heran, sekarang banyak platform digital yang tertanam di smartphone dan itu akan memberi banyak kemudahan.

"Kita mau apa-apa hari ini lewat handphone. Jadi sekarang pola konsumsi berubah, pola belajar berubah, ada sistem online. Jadi banyak sekali kemudahan dari revolusi ini," terangnya.

Meski begitu, lanjut dia, yang paling utama bagi manusia adalah pembangunan karakter. Sebab, menurutnya yang dibutuhkan saat ini adalah sebuah interaksi dan hubungan sosial yang jujur. "Ini akan menjadi dominan dalam kehidupan. Karakter yang diajarkan pada kita di ponpes itu akan dicari termasuk untuk indoneia emas 2045 ke depan," terangnya.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.3099 seconds (0.1#10.140)