Jadi Pembicara Seminar di Ponpes Tebuireng, Ini Pesan TGB HM Zainul Majdi buat Santri

Senin, 24 Oktober 2022 - 12:21 WIB
loading...
Jadi Pembicara Seminar di Ponpes Tebuireng, Ini Pesan TGB HM Zainul Majdi buat Santri
TGB HM Zainul Majdi (tengah) menjadi pembicara Seminar Nasional yang digelar CSSMoRA di Ponpes Tebuireng, Kabupaten Jombang.
A A A
JOMBANG - Tuan Guru Bajang (TGB) HM Zainul Majdi menjadi pembicara dalam acara Seminar Nasional, Istighosah dan Do'a Bersama yang digelar oleh Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) di Pondok Pesantren (Ponpes) Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Acara tersebut mengusung tema "Aktualisasi Peran Santri dalam Membangun Bangsa Berdaya dan Bermartabat Insani". Selain TGB HM Zainul Majdi, acara tersebut juga dihadiri, Ketua Asosiasi Ma'had Aly Indonesia, KH Nurhannan dan Pengasuh Ponpes Tebuireng, KH Abdul Hakim Mahfudz.

Dihadapan para santri yang hadir, TGB HM Zainul Majdi mengatakan, santri memiliki peran yang sangat penting bagi Indonesia. Baik sebelum kemerdekaan, saat kemerdekaan dan setelah kemerdekaan.

Yang dimiliki santri, kata dia, adalah niat baik untuk membangun Indonesia. "Dalam konteksi Indonesia ke depan, niat baik itu sangat penting untuk menuntun wajah Indonesia ke depan," katanya, Senin (24/10/2022).

Baca juga: Postingan Foto TGB Bareng Ganjar Pranowo Panen Pujian Netizen

Ketua Harian Nasional DPP Partai Persatuan Indonesia (Perindo) inipun mengutip salah satu hadits dari Imam Bukhari tentang pentingnya niat baik untuk membangun Indonesia. Bahkan hadits tersebut tidak hanya menekankan pada aspek niat baik, tapi juga karakter dan tatanan nilai.

"Ini (niat baik dan karakter) tidak materialistis bukan kasat mata, tidak terlihat tapi sangat menentukan. Maka di pesantren diajarkan tentang karakter yang baik. Dan itu jadi bekal untuk membangun Indoensia dan itu sudah ada dan itu diajarkan di pesantren," kata TGB HM Zainul Majdi.

Diketahui, CSSMoRA adalah adalah organisasi yang menaungi mahasiswa penerima Program Beasiswa Santri Berprestasi dari Kementrian Agama (Kemenag).
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1479 seconds (0.1#10.140)