Monyet Liar Resahkan Warga Indramayu, Pol PP hingga Damkar Turun Tangan

Kamis, 20 Oktober 2022 - 12:02 WIB
loading...
Monyet Liar Resahkan Warga Indramayu, Pol PP hingga Damkar Turun Tangan
Warga Desa Sukagumiwang Blok Brungut, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, diteror oleh keberadaan seekor monyet liar. Monyet ekor panjang ini berkeliaran bebas di lingkungan warga.
A A A
INDRAMAYU - Warga Desa Sukagumiwang Blok Brungut, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, diteror oleh keberadaan seekor monyet liar. Monyet ekor panjang ini berkeliaran bebas di lingkungan tempat tinggal warga.

Menurut informasi yang didapat, monyet liar tersebut sempat merusak kandang burung serta memakan tanaman pisang di perkebunan milik warga.Baca juga: Seratus Monyet Berenang Seberangi Sungai Gunung Longhu di Guangxi Zhuang, China Selatan.



Warga pun resah, dikhawatirkan monyet liar yang agresif itu dapat membahayakan masyarakat sekitar, terutama anak kecil. "Kalau resah sih resah, cuma gimana tidak bisa nangkapnya, takut digigit," ujar Wahyu, seorang warga, Kamis (20/10/2022).

Sementara, Jakiudin, Kepala Dusun Desa Sukagumiwang mengatakan, kemunculan monyet liar di wilayahnya itu sudah terjadi sejak satu bulan lalu. Monyet itu pertama kali muncul dari arah sungai di samping pemukiman warga.

Kendati demikian, dia belum mengetahui secara pasti dari mana monyet liar itu berasal, mengingat pemukiman tersebut jauh dari kawasan hutan. Selain itu, disampaikan Jakiudin, selama ini masyarakat sekitar pun tidak ada yang memelihara monyet.

"Ada seekor monyet liar yang muncul di desa kami sejak satu bulan lalu, dan sudah menampakkan diri kepada warga sebanyak enam kali. Selama ini monyet liar itu belum pernah menyerang warga, cuma kalau ada pisang yang ada di pohon diambil," kata dia. Baca juga: Kawanan Monyet Teror Kota Yamaguchi di Jepang, Serang Manula dan Anak-anak

Di tempat terpisah, Kasi Ketentraman, Ketertiban umum Kecamatan Sukagumiwang, Taryono, membenarkan adanya laporan warga yang mengeluhkan soal kemunculan seekor monyet liar ekor panjang yang masuk ke pemukiman Desa Sukagumiwang Blok Brungut.

Atas laporan dari warga itu, Taryono menuturkan, pihaknya langsung melakukan observasi ke lapangan dan mencoba menenangkan warga setempat agar tidak terjadi kepanikan.

"Dari hasil laporan warga itu memang dilaporkan ada beberapa pohon pisang yang dirusak dan ditemukan juga kandang burung yang dirusak. Tatkala kami turun ke lapangan untuk melakukan pencarian tapi hasilnya nihil," tutur dia.

Kemunculan monyet liar yang meresahkan warga Sukagumiwang itu pun turut direspons oleh tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Indramayu yang ikut turun tangan untuk membantu proses pencarian.

"Kemarin ada tim dari pemadam kebakaran Kabupaten Indramayu juga turun ke sini tapi karena sesuatu dan lain hal, bukan karena kendala, memang keberadaan monyet liar itu tidak bisa diketemukan juga," terang dia.
(don)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.4482 seconds (11.210#12.26)