Dinkes Surabaya Imbau Orang Tua Tak Panik Hadapi Ancaman Gagal Ginjal Anak

Kamis, 20 Oktober 2022 - 10:30 WIB
loading...
Dinkes Surabaya Imbau Orang Tua Tak Panik Hadapi Ancaman Gagal Ginjal Anak
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Nanik Sukristina mengimbau kepada para orang tua untuk tak panik dalam menghadapu ancaman penyakit gagal ginjal anak. Foto SINDOnews/dok
A A A
SURABAYA - Penyakit gagal ginjal anak memberikan kecemasan tersendiri bagi para orang tua di Surabaya. Sampai saat ini, kasus gagal ginjal memang belum masuk ke Kota Pahlawan, namun langkah antisipasi terus dilakukan di semua sektor.



Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Surabaya, Nanik Sukristina meminta kepada para orang tua agar tetap tenang dan waspada terhadap penyakit tersebut. Yakni, dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat melalui konsumsi makanan bergizi tinggi kalori dan protein.

"Jika ada keluarga yang sakit, diharapkan untuk segera dibawa ke fasilitas pelayanan kesehatan untuk memperoleh pengobatan dari dokter," kata Nanik, Kamis (20/10/2022).

Di lain hal, Nanik juga mengingatkan kepada masyarakat agar selalu mengecek tanggal kadaluarsa obat atau makanan sebelum dikonsumsi. Apabila ada keluarga yang mengalami gejala suspek gagal ginjal misterius, pihaknya meminta supaya segera dilaporkan.

"Terutama untuk usia di bawah 18 tahun dengan demam 7-14 hari atau jika ada gangguan pada proses urinaria dan pembengkakan pada bagian-bagian tubuh tertentu,” jelasnya.
(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5662 seconds (0.1#10.140)