Sekda Kobar Dicopot Mendadak, Dewan Sebut Wajar dalam Birokrasi

Selasa, 18 Oktober 2022 - 08:11 WIB
loading...
Sekda Kobar Dicopot Mendadak, Dewan Sebut Wajar dalam Birokrasi
Bambang mengatakan pergantian Sekda Kobar Suyanto kepada PLH Jumi Gultom oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo memang membuat kaget sejumlah pihak. iNews TV/Sigit
A A A
KOTAWARINGIN BARAT - Pergantian Sekretaris Daerah (Sekda) Kotawaringin Barat (Kobar), Kalteng Suyanto yang terkesan mendadak masih menjadi pertanyaan publik. Namunmenurut Wakil Ketua II DPRD Kobar Bambang Suhermanpergantian tersebut merupakan hal wajar dalam birokrasi.



Bambang mengatakanpergantian Sekda Kobar Suyanto kepada PLH Jumi Gultom oleh Pj Bupati Kobar Anang Dirjo memang membuat kaget sejumlah pihak, karena terkesan mendadak dan tiba - tiba, dan itu proses hal yang biasa dalam pemerintahan.



"Terkait dengan proses pergantian sekda Kobar ini memang kami juga di lembaga, serta selaku saya pribadi kaget juga, karena begitu mendadaknya. Namun proses atau dinamika ini adalah hal yang biasa di dalam pemerintahan, karena bagaimanapun yang namanya ASN itu patuh kepada pimpinan," kata Bambang Suherman, Selasa (18/10/ 2022).

Bambang mengungkapkan, jika pergantian Sekda sesuai dengan mekanismenya tentu tidak masalah. Meskimemang Pj Bupati Kobar Anang Dirjo ini juga baru dilantik untuk mengisi kekosongan jabatan Bupati di Kobar.



"Selama proses pergantian Sekda itu mengikuti mekanisme aturan yang berlaku, tentu sah - sah saja, jadi pergantian atau pergeseran itu merupakan hak prerogatif Bupati selaku pimpinan kepala daerah," ungkapnya.

Baca: Perindo NTB Lolos Verfikasi Faktual, Makin Semangat Songsong Pemilu 2024.

Pihaknya belum tau pasti alasan Pj Sekda Kobar melalukan pergantian Sekda. Namun ia berharap, tidak ada temuan yang signifikan sehingga sampai Sekda Kobar Suyanto di-nonjobkan."Saya beberapa hari ini banyak kegiatan di luar daerah, jaditidak tahu ini ada masalah apa,

Jadi mohon maaf saya tidak bisa menjelaskan secara konferensif, karena saya juga belum ketemu dengan Pj Bupati Kobar," pungkasnya.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1378 seconds (0.1#10.140)