Gubernur Kaltim Apresiasi Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto

Jum'at, 14 Oktober 2022 - 20:58 WIB
loading...
Gubernur Kaltim Apresiasi Penanaman Pohon di Kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto
Penanaman pohon di kawasan Hutan Raya Bukit Soeharto. Foto: Istimewa
A A A
KUTAI KERTANEGARA - Gubernur Kalimantan Timur (Kaltim), Isran Noor menyambut baik penanaman pohon, di kawasan Taman Hutan Raya (Tahura) Bukit Soeharto. Penanaman pohon ini untuk merehabilitasi bekas galian tambang ilegal.

Dijelaskan dia, upaya PT Perkasa Sejahtera Pratama, bersama Kodam VI Mulawarman, Kepolisian Daerah Kalimantan Timur, Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim, serta kaum milineal pencinta lingkungan ini patut dicontoh.

"Kegiatan penanaman pohon bisa merehabilitasi bekas galian tambang illegal yang berada di Taman Hutan Raya Bukit Soeharto," katanya, kepada wartawan, Jumat (14/10/2022).



Dirinya pun berharap, banyak perusahaan yang peduli dengan Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Kalimantan.

"Upaya PT Perkasa Sejahtera Pratama, ini perlu ditiru oleh perusahaan-perusahaan lain yang memiliki usaha pertambangan batubara di Kalimantan Timur. Saya memberi apresiasi yang tinggi, karena program ini diselenggarakan oleh anak-anak muda, merupakan contoh yang baik bagi pelestarian lingkungan hidup," jelasnya.

Sementara itu, Kennard Maximillian Sentosa dan Kathryne Ashley yang mewakili PT Perkasa Sejahtera Pratama mengatakan, kegiatan penanaman bibit pohon di Tahura Bukit Soeharto merupakan komitmen perusahaan untuk memperbaiki dan memulihkan ekosistem yang rusak akibat aktivitas penambangan ilegal.



"Kegiatan ini diharapkan dapat memulihkan dan meningkatkan kondisi lahan, agar berfungsi secara optimal sebagai pengatur tata air, dan penyangga sistem kehidupan, serta keanekaragaman hayati di Tahura Bukit Soeharto," paparnya.

Dijelaskan dia, penanaman tahap pertama seluas 5 ha, dengan jumlah 5.500 pohon, dan kedepannya akan diperluas dengan menggalang dukungan dari kaum muda cinta lingkungan dan perusahaan-perusahaan di Kalimantan Timur.



"Ini sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga alam dan lingkungan hidup yang akan diwariskan kepada generasi yang akan datang," sambung Kennard Maximillian Sentosa.

Hadir pula dalam acara tersebut antara lain Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo, Wakapolda Kaltim, Brigjen Pol Mujiono, Kepala Dinas Kehutanan Kalimantan Timur, Joko Istanto, Kepala BNN Kalimantan Timur, Brigjen Pol Edhy Moestopa, dan berbagai elemen masyarakat pecinta lingkungan.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2459 seconds (0.1#10.140)