Gubernur Papua Lukas Enembe Tersangka, Sweeping Perbatasan RI-Papua Nugini Diperketat

Selasa, 11 Oktober 2022 - 10:17 WIB
loading...
Gubernur Papua Lukas Enembe Tersangka, Sweeping Perbatasan RI-Papua Nugini Diperketat
Sweeping di perbatasan RI dan Papua Nugini terus dilakukan menyusul penetapan tersangka Gubernur Papua Lukas Ebembe oleh KPK.
A A A
JAYAPURA - Setelah Gubernur Papua Lukas Enembe ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pengamanan di tapal batas Indonesia-Papua Nugini masih diperketat. Pengamanan difokuskan pada pelintas batas yang membawa barang ilegal serta ancaman kelompok bersenjata.

Menurut Komandan Korem 172 Praja Wira Yakti, Brigjen TNI Juinta Omboh Sembiring, hingga kini belum ada permintaan dari KPK untuk memperketat penjagaan di wilayah perbatasan, termasuk jalan-jalan tikus atau jalan setapak di Skow hingga Senggi.

"Kami akan tetap berkoordinasi dengan Polda Papua dan pos-pos Polri untuk mencegaj hal-hal tersebut," kata Juinta.

Baca juga: Permintaan Keluarga Lukas Enembe Diperiksa di Lapangan Terbuka, Ini Kata Gubes Hukum Uncen

Menurutnya, seweeping di tapal batas masih terus dilakukan. Bahkan pekan lalu Satgas Pamtas berhasil mengamankan lima pucuk senjata rakitan yang akan dibawa masuk ke Papua.

Sebelumnya, Lukas Enembe pernah melintas tanpa dilengkapi dokumen negara melalui jalan tikus menuju Papua Nugini tanpa seizin Mendagri. Selain itu ada juga tersangka dugaan korupsi atau gratifikasi Bupati Mamberamo Tengah, Ricky Ham Pagawak juga kabur ke Papua Nugini melalui jalan tikus.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)