Gelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM, Staf Khusus Menteri BUMN Apresiasi Peran Pupuk Kaltim bagi Warga

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 17:51 WIB
loading...
Gelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM, Staf Khusus Menteri BUMN Apresiasi Peran Pupuk Kaltim bagi Warga
PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero, gelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10/2022). (Ist)
A A A
SAMARINDA - PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) bersama PT Pupuk Indonesia Persero, gelar Pasar Rakyat dan Bazaar UMKM BUMN di halaman parkir Stadion Segiri Kota Samarinda, Kamis (6/10/2022).

Kegiatan ini turut dihadiri Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, perwakilan BUMN se-Kaltim bersama Yayasan BUMN, serta stakeholder terkait lainnya. Pada kesempatan itu, Yayasan BUMN turut menyalurkan bantuan perangkat kesehatan kepada Pemkot Samarinda berupa satu unit ventilator, satu unit oksigen consentrator dan 1.200 masker.

SVP SBU JPP Pupuk Kaltim Muhammad Erriza, mengungkapkan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan bagi masyarakat sesuai arahan Kementerian BUMN, untuk berperan aktif sebagai agen pembangunan melalui kontribusi nyata di bidang sosial kemasyarakatan. Hal ini pun sejalan dengan implementasi TJSL Pupuk Kaltim, yang difokuskan kepada tiga sektor utama yakni pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMKM.

“Kegiatan ini memfasilitasi lebih dari 50 UMKM binaan BUMN di Kalimantan Timur, dan sebagian besar diantaranya merupakan binaan Pupuk Kaltim. Sedangkan untuk Pasar Rakyat, disalurkan sebanyak 4.000 paket sembako murah bagi warga Kota Samarinda,” kata Erriza.

Untuk Pasar Rakyat, masyarakat bisa mendapatkan bahan pokok senilai Rp 90 ribu dengan harga beli Rp55 ribu. Tiap paket berisi 5 Kilogram (Kg) beras, 1 Kg gula pasir dan 1 liter minyak goreng. Sementara Bazaar UMKM dihadirkan sebagai sarana promosi dan penjualan bagi UMKM binaan, sehingga ragam produk dari berbagai sektor usaha makin dikenal luas untuk mendorong pengembangan potensi pasar dan daya saing pelaku usaha.

Melalui kegiatan ini diharap masyarakat lebih terbantu mendapatkan bahan pokok dengan harga terjangkau, di tengah kondisi naiknya harga komoditas di pasaran. Begitu pula UMKM binaan yang difasilitasi selama kegiatan, dapat semakin berdaya dalam mendorong terwujudnya kemandirian masyarakat.

“Pupuk Kaltim akan terus berkomitmen dalam mendorong UMKM yang lebih berdaya, sekaligus meningkatkan manfaat bagi masyarakat melalui realisasi program yang lebih tepat sasaran,” tambah Erriza.

Staff Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, mengatakan program pasar rakyat dan bazaar UMKM ini sejalan dengan upaya pemerintah khususnya Kementerian BUMN, agar badan usaha senantiasa berperan dalam mengatasi kesenjangan sosial sekaligus mendorong kesejahteraan masyarakat.

Terlebih pandemi Covid-19 dua tahun terakhir berimbas ke berbagai sektor, sehingga BUMN bersama anak usaha didorong mengambil peran strategis untuk memberi manfaat melalui kolaborasi aktif di berbagai bidang.

"Ini salah satu bentuk manfaat BUMN bagi masyarakat, dengan turun langsung membantu pemenuhan kebutuhan di tengah kondisi sulit saat ini. Begitu pula dalam memajukan UMKM, dukungan yang diberikan diharap mendorong pelaku usaha kembali tumbuh dan berkembang," kata Arya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)