alexametrics

Jaga Ketahanan Pangan, Polres Payakumbuh Manfaatkan Lahan Sempit

loading...
Jaga Ketahanan Pangan, Polres Payakumbuh Manfaatkan Lahan Sempit
Anggota Polres Payakumbuh memanen sayuran di halaman belakang kantor meraka, yang telah disulap menjadi kebun untuk menjaga ketahanan pangan. Foto/iNews TV/Agung Sulistyo
A+ A-
PAYAKUMBUH - Polres Payakumbuh, memanfaatkan halaman belakang kantornya, menjadi kebun tanaman pangan berkonsep Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Lahan sempit yang tidak produktif, kini menjadi banyak manfaatnya.

(Baca juga: Dini Hari, Gempa Bermagnitudo 5.3 Guncang Malang dan Blitar)

Selain dimanfaatkan anggota Polres Payakumbuh, hasil panen kebun tersebut juga dibagikan kepada masyarakat sekitar yang membutuhkan dan terdampak pandemi COVID-19.

Kapolres Payakumbuh, AKBP Doni Setyawan mengungkapkan, dengan semangat menjaga ketahanan pangan dan atas instruksi Kapolri Jenderal Pol. Idham Azis, akhirnya anggota Polres Payakumbuh berinovasi dengan memanfaatkan lahan yang ada.



"Dengan memanfaatna halaman belakang Mapolres Payakumbuh, anggota kami menyulap halaman itu menjadi taman pangan. Keberadaan taman pangan ini, sangat bermanfaat untuk membantu masyarakat yang membutuhkan," tegasnya.

(Baca juga: Penuh Kasih Sayang, Prajurit TNI Rehab Sekolah Mirip Kandang Ayam)



Metode yang dikembangkan di Polres Payakumbuh, adalah dengan mengintegrasikan beberapa jenis tanaman pangan, ternak ayam, dan ikan. Sementara untuk metode tanam juga mengintegrasikan cara tanam konvensional, aquaponik, dan hidroponik.

Konsep KRPL menjadi pilihan, karena menurut Doni tidak memerlukan lahan yang luas, dan mudah dalam pemeliharaannya. "Dengan sentuhan kreativitas, keberadaan taman pangan di pekarangan rumah atau kantor sangat menguntungkan," tegasnya.
(eyt)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak