Hujan Deras Guyur Sukabumi 3 Jam, Sungai Cibojong Meluap Rendam Rumah Warga

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 11:59 WIB
loading...
Hujan Deras Guyur Sukabumi 3 Jam, Sungai Cibojong Meluap Rendam Rumah Warga
Aliran sungai Cibojong yang meluap merendam rumah warga akibat diguyur hujan deras. Foto SINDOnews
A A A
SUKABUMI - Sungai Cibojong meluap hingga merendam rumah warga yang berada di Kampung Bantar RT 05/01, Desa Pondokkaso Tengah, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi , pada Kamis (6/10/2022). Sungai Cibojong meluap usai wilayah Sukaumi diguyur hujan deras selama tiga jam.



Camat Cidahu, Jenal Abidin mengatakan, luapan Sungai Cibojong mulai merendam rumah warga sekira pukul 16.30 WIB. Kejadian tersebut terjadi akibat hujan deras dengan intensitas tinggi yang mengguyur wilayah tersebut.

"Karena hujannya cukup deras dengan kurun waktu lebih dari 3 jam. Akibatnya, debit air bertambah tinggi membuat sungai Cibojong meluap dan merendam sejumlah rumah warga," ujar Jenal Abidin, pada Jumat (7/10/2022).

Lebih lanjut Jenal mengatakan bahwa dari hasil pendataan sementara, 10 rumah warga terendam berada di sekitaran Sungai Cibojong Kampung Bantar, RT 05/RW 01, Desa Pondokkaso Tengah dengan ketinggian air sekitar 30 centimeter.

Selain merendam sejumlah permukiman penduduk, lanjut Jenal, banjir juga menerjang lahan pertanian padi di wilayah Kampung Bantar RT 05/RW 01, Desa Pondokkaso Tengah.

"Kalau untuk jumlah pastinya, berikut jumlah kerugian materil, kami belum tahu yah. Sebab, petugas saat ini masih fokus melakukan penanaganan di lapangan pascabencananya," tandasnya.

Dia menambahkan, dalam peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa. Hanya, warga yang terdampak dari bencana alam ini telah menimbulkan kerugian materil dengan jumlah masih dalam pendataan.

"Saat ini, kondisi air sudah berangsur surut. Petugas juga masih di lokasi, selain memonitor kondisi air mereka juga tengah bekerja sama dengan warga sekitar membersihkan lumpur dan air yang memasuki area rumah penduduk," ujar Jenal.

(don)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)