Akses Jalan Makin Mulus, Plesir ke Lebak Makin Mudah

Kamis, 06 Oktober 2022 - 20:11 WIB
loading...
Akses Jalan Makin Mulus, Plesir ke Lebak Makin Mudah
Geliat pembangunan daerah terus berlangsung di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, setelah lepas dari status kabupaten tertinggal tahun 2019 yang lalu. (Ist)
A A A
LEBAK - Geliat pembangunan daerah terus berlangsung di Kabupaten Lebak Provinsi Banten, setelah lepas dari status kabupaten tertinggal tahun 2019 yang lalu. Kini eks wilayah kesultanan Banten ini terus berbenah untuk menjadi daerah yang berkualitas baik secara budaya maupun ekonomi.

Akses dari Jakarta yang semakin mudah dengan pembukaan jalan tol Jakarta-Serang-Rangkas Bitung, membantu pemimpin daerah Kabupaten Lebak membuat banyak gebrakan yang membantu indeks pembangunan manusia terus bertambah.

Jalan emas ditetapkan pemda, dengan mengarap potensi baru yang bersandar pada sinergisitas dan kearifan lokal. Sektor pariwisata menjadi harapan untuk menjadi lokomotif yang dapat menyumbang pendapatan daerah, pendapatan keluarga serta kualitas hidup masyarakat.

“Visi kami menjadikan Lebak sebagai destinasi wisata nasional berbasis potensi lokal. Lebak kini aksesbilitasnya sudah terbangun, artinya sudah mudah dikunjungi. Kami memiliki Suku Baduy dan Kasepuhan,” kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya, di sela kehadirannya pada HUT TNI Ke 77 di Alun-Alun Rangkas Bitung, 5 Oktober 2022.

Kini Kabupaten dengan 28 kecamatan ini, berupaya untuk mengeluarkan desa tertinggal yang tinggi termasuk di perkampungan adat yang berjumlah ratusan. Tidak bisa berjalan sendiri tentunya. Kabupaten Lebak perlu bersinergi dengan Kadin Provinsi Banten untuk menuntaskan masalah ini.

“Kearifan lokal Lebak bukan hanya Baduy saja, masih ada komunitas adat lain. Yang sudah dikunjungi oleh turis lokal yaitu Kasepuhan Bayah, Komunitas Masyarakat Citorek, serta Masyarakat Adat Cisungsang,” kata Mochammad Azzari Jayabaya, Ketua Kadin Provinsi Banten.

Baca: Awas! Curah Hujan di Palembang Tertinggi Dalam 30 Tahun Terakhir.

Pria yang biasa dipanggil Amal ini juga menerangkan, Kadin Banten akan membantu Pemda Kabupaten Lebak memperjuangkan 522 perkampungan masyarakat adat. Kadin Banten merasa patut untuk memperjuangkannya karena dapat menambah kunjungan wisatawan sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar desa adat dan pendapatan daerah Kabupaten Lebak.

Upaya mendorong potensi dan kearifan lokal yang unik dan unggul secara komparatif menjadi jalan terbaik untuk mewujudkan Kabupaten Lebak semakin sejahtera dan bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia.
(nag)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1984 seconds (0.1#10.140)