Kaum Milenial-Gen Z Jadi Target KPU Minahasa untuk Peduli Pemilu Serentak 2024

Sabtu, 01 Oktober 2022 - 18:17 WIB
loading...
Kaum Milenial-Gen Z Jadi Target KPU Minahasa untuk Peduli Pemilu Serentak 2024
Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa. Foto/Antara
A A A
MINAHASA - Kaum milenial dan Generasi Z, menjadi target KPU Minahasa, agar peduli terhadap pelaksanaan Pemilu Serentak 2024. Hal ini ditegaskan, Pelaksana Harian (Plh) Ketua KPU Minahasa, Rendy Suawa.



"Jika generasi milenial dan Gen Z ini diberikan pemahaman serta edukasi yang baik tentang demokrasi, maka sikap peduli akan pelaksanaan pemilu akan menjadi bagiannya," kata Rendy, Sabtu (1/10/2022).



Dia mengatakan, KPU terus mendorong kepedulian milenial dan Gen Z untuk melek politik dan berpartisipasi aktif menggunakan hak politik dalam Pemilu 2024. Generasi Z dan milenial, memiliki jumlah yang signifikan dalam populasi.



Selain itu, menurutnya, kaum milenial dan generasi Z sangat paham terkait interaksi digitalisasi, sehingga penting untuk pengenalan dan melibatkan diri secara dini terkait pendidikan politik.

Generasi ini bukan hanya sebagai sumber suara, tapi berperan aktif dalam demokrasi serta peduli terhadap pelaksanaan Pemilu 2024. Rendy menjelaskan dalam hal partisipasi politik, Generasi Z sangat substansial karena dalam persentase jumlah pemilih milenial banyak menyumbangkan suara pada Pemilu 2024.



Ditambahkannya, generasi Z memiliki pengaruh tersendiri dalam pemilu, selain karena jumlahnya yang cukup banyak, generasi Z juga hidup pada era informasi di mana segala sesuatunya menggunakan internet atau media online.

Berdasarkan survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Pemilu 2024 mendatang akan didominasi oleh kaum generasi Z dan milenial yang rentang usianya 17-39 tahun mendekati 60 persen.
(eyt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2048 seconds (0.1#10.140)