Bupati Lutra Harap Program Kampung Sehat Terus Berlanjut

Selasa, 14 April 2020 - 07:25 WIB
loading...
Bupati Lutra Harap Program Kampung Sehat Terus Berlanjut
Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani saat melakukan panen sayur di Dusun Karya Bakti, beberapa waktu lalu. Foto/Pemkab Lutra
A A A
MASAMBA - Bupati Luwu Utara (Lutra), Indah Putri Indriani, mengapresiasi program Komunitas Kampung Sehat yang terbukti memberikan manfaat bagi warga. Program tersebut diharapkannya terus berlanjut, bahkan penerapannya bisa lebih luas mencakup wilayah di Lutra.

"Saya harap komunikasi ini jangan berhenti karena program ini sangat baik untuk kesejahteraan rumah tangga. Kita dapat sehatnya dapat ekonominya dan dapat keuntungannya," kata IDP, sapaan akrab Bupati Indah, dalam keterangan persnya, Selasa (14/4/2020).

Program Komunitas Kampung Sehat, salah satunya direaliasikan melalui optimalisasi aset berupa lahan kosong milik warga untuk ditanami sayur mayur. Nah, pada Minggu (12/4/2020) lalu sudah dilakukan panen di 31 titik, dimana IDP turun langsung di Dusun Karya Bakti, Desa Sidomukti, Kecamatan Mappedeceng yang merupakan binaan Wakil Ketua I DPRD Lutra, Karimuddin.

Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani melakukan panen sayur-sayuran di dusun karya bakti desa Sidomukti kecamatan mappedeceng Minggu, 12/04/2020.

IDP mengajak warga mulai sekarang memanfaatkan asetnya yang ada dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rumah tangga. Menanam sayur-mayur dinilainya akan menguntungkan warga, dimana selain bisa menghemat pengeluaran juga bisa menambah pendapatan keluarga, meski tak signifikan.

"Inilah yang dimaksud asset based community development yaitu memanfaatkan aset yang dimiliki, meskipun tidak terlalu luas tetapi hasilnya bisaa memberi manfaat kepada keluarga. Ya paling tidak bisa memenuhi kebutuhan sayur mayur rumah tangga dan selebihnya bisa menambah penghasilan ekonomi keluarga dan menambah uang saku ibu di rumah," terangnya.

Di Dusun Karya Bakti, IDP tampak antusias memanen sayur yakni paria dan kangkung. Semua sayur milik warga itu lantas dibeli orang nomor satu di Lutra untuk selanjutnya dibagikan kepada warga setempat. Tidak hanya itu, ia juga berkeliling dusun membagikan bibit cabai, tomat dan terang kepada warga.

"Ini merupakan program duopoli yang setiap rumah akan dibagikan. Namun di dusun ini komunitas kampung sehat tidak hanya menyediakan dua jenis bibit saja, melainkan tiga jenis bibit tanaman yang akan diberikan ke masyarakat beserta dengan jaring-jaringnya," ujar IDP.

Adapun dalam acara panen sayur mayur lalu, turut hadir mendampingi Bupati Indah yakni Wakil Ketua DPRD Lutra, Karimuddin; Kepala Dinas Ketahanan Pangan Lutra, Alauddin Sukri; Kepala Dinas Perikanan Lutra, Muharwan dan Camat Mappedeceng, Kadri.
(tri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3917 seconds (10.177#12.26)