Jaga Ketat Persib vs Persija, Polisi Berlakukan Pola Pengamanan 4 Ring

Jum'at, 30 September 2022 - 14:57 WIB
loading...
Jaga Ketat Persib vs Persija, Polisi Berlakukan Pola Pengamanan 4 Ring
Pengamanan laga Persib vs Persija. Foto: Agung/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Polisi bakal mengawal ketat Persija Jakarta yang akan berlaga melawan Persib Bandung, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Minggu (2/10/2022).

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, pengawalan Tim Macam Kemayoran itu untuk memastikan keamanan para pemain dalam laga klasik itu.

Namun begitu, Ibrahim tidak menjelaskan teknis pengawalan yang dimaksud. Dia pun tidak menyebutkan apakah para pemain Persija bakal menumpang kendaraan taktis (rantis) atau tidak.



"Yang pasti, pengawalan ketat sudah disiapkan. Sudah ada standar pengawalan dan pengamanan terhadap pemain dan official, itu dilaksanakan sama dengan yang lain," katanya, Jumat (30/9/2022).

Tidak hanya bagi para pemain Persija, termasuk Persib, Kombes Pol Ibrahim juga memastikan bahwa pengamanan maksimal bakal diterapkan bagi para pendukung Persib yang hadir di Stadion GBLA.

Dia menyebutkan, pola pengamanan empat ring bakal ditetapkan untuk memastikan penonton yang hadir di Stadion GBLA hanyalah Bobotoh, pendukung setia Persib.



Lewat pola itu, Kombes Pol Ibrahim memastikan, bahwa petugas di lapangan bakal lebih selektif dalam melakukan penyekatan demi mencegah adanya pendukung Persija yang datang ke Stadion GBLA.

"Iya, jadi menggunakan pola empat ring dan juga ring-ring di luar stadion. Itu kita lakukan dengan sistem dan seleksi yang lebih ketat, apalagi ada seleksi untuk (pendukung) Persija tidak boleh masuk ke dalam," tegasnya.

Dalam penerapannya nanti, ring empat akan dimulai dari beberapa titik jalan raya menuju stadion. Pada ring ini, penonton yang tidak memiliki tiket bakal langsung diminta memutar arah meninggalkan area stadion.



Adapun ring dua dan tiga di area jalan masuk menuju kawasan stadion, termasuk kawasan luar Stadion GBLA. Sementara di ring satu, petugas akan memeriksa tiket menggunakan scan barcode.

Ibrahim menekankan, jika ditemukan pendukung Persija yang nekat datang ke Stadion GBLA, pihaknya bakal menghalau mereka dengan meminta memutar balik.

"Sehingga kalau terindikasi ini penonton Persija, otomatis pasti akan dikembalikan lagi. Misalnya dia bawa atribut-atribut Persija," katanya.



Larangan bagi pendukung Persija tidak hanya diterapkan di Stadion GBLA, melainkan juga sudah dimulai dari pembelian tiket.

"Sudah ada verifikasi dilakukan oleh panitia. Jadi, pada saat verifikasi, sudah ada seleksi untuk pendukung Persija, enggak akan bisa membeli tiket," tandasnya.
(san)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7967 seconds (0.1#10.140)