Tol Serang-Panimbang Berdampak Positif pada Pariwisata Banten

Rabu, 28 September 2022 - 22:52 WIB
loading...
Tol Serang-Panimbang Berdampak Positif pada Pariwisata Banten
Jalan tol Serang-Panimbang diyakini bakal memberi dampak positif bagi perkembangan perekonomian dan pariwisata di Pandeglang dan Lebak, Banten. Foto/Dok.Antara/Muhammad Bagus Khoirunas
A A A
SERANG - Keberadaan jalan tol Serang-Panimbang diyakini bakal memberi dampak positif bagi perkembangan perekonomian dan pariwisata di wilayah Kabupaten Pandeglang dan Lebak, Banten.

"Jika pembangunan jalan tol tersebut telah rampung akan berdampak secara signifikan pada pembangunan destinasi wisata, terutama yang berada di wilayah selatan, seperti Situ Cinoncang Lebak, Pantai Tanjung Layar Sawarna dan Tanjung Lesung Pandeglang serta lainnya," kata Kepala Dinas Pariwisata (Kadispar) Provinsi Banten, Al Hamidi,dikutip Rabu (28/9/2022).

Baca juga: Jokowi Penuhi Janji, Tol Serang-Panimbang Seksi 3 Mulai Dibangun

Keberadaan Tol Serang-Panimbang pun sejalan dengan pengembangan sektor pariwisata yang tengah digodok Pemerintah Provinsi Banten. Al Hamidi menjelaskan, pengembangan sektor pariwisata telah tertuang dalam Rencana Induk Strategis Pengembangan.

Dia menilai Jalan Tol Serang-Pandeglang bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dua hingga tiga kali lipat, terutama pada objek wisata yang berada di wilayah selatan tersebut.

"Alasannya, karena jarak tempuh menuju berbagai destinasi menjadi lebih lancar, dan ini akan mendorong animo wisatawan untuk mengunjungi objek wisata, terutama yang berada di Lebak dan Pandeglang," ungkapnya.

Pembangunan Jalan Tol Serang-Panimbang ditargetkan tuntas pada 2024. Jalan bebas hambatan Serang-Panimbang akan melintasi beberapa kabupaten di Banten, di antaranya Serang, Lebak, dan Pandeglang.

Baca juga: Groundbreaking Tol Serang-Panimbang, Luhut Yakin Pariwisata Banten Kian Menggeliat

Karena itu pemerintah daerah setempat berharap pembangunan tol semakin meningkatkan perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri, barang, dan jasa.

"Karena akan tersambung dengan Jaringan Tol Trans Jawa melalui Tol Jakarta-Merak, termasuk mendukung akses menuju kawasan pariwisata Banten dan sekitarnya, seperti Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung dan Taman Nasional Ujung Kulon," ucap Al Hamidi.

Diketahui, PT Wijaya Karya Serang Panimbang-WSP merupakan anak usaha dari PT Wijaya Karya (Persero) Tbk-WIKA adalah Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang melakukan pembangunan dan pengoperasian jalan tol Serang-Panimbang. Total panjang jalan tol Serang-Panimbang mencapai 83,67 kilometer, yang terdiri dari tiga seksi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2021 seconds (11.97#12.26)