alexametrics

Tabrak Polisi, Jambret Tewas Ditembak

loading...
Tabrak Polisi, Jambret Tewas Ditembak
Polisi melakukan olah TKP di tempat Ag tewas. (Erfanto Linangkung/Koran SINDO)
A+ A-
BANTUL - Ag (35) pelaku penjambretan asal Solo tewas setelah menabrak pembatas Jalan di Ringroad selatan, tepatnya di Dusun Singosaren, Desa Banguntapan, Kecamatan Banguntapan, Senin dinihari (1/9/2014).

Sebelum tewas menabrak pembatas jalan, Ag sempat merasakan timah panas di bagian punggung setelah menabrak seorang polisi yang memburunya.

Sebelum tewas, Ag sempat beraksi selama dua kali di tempat yang berbeda. Aksi pertama, Ag berhasi menggasak dompet milik Esti Tri Endarwati (28) di Jalan Pleret Kedaton Bantul. Kedua, ia juga menggasak tas milik Septiana Fathurohman warga Cokroyudan Yogyakarta.



Akibatnya Esti, warga Kedaton Pleret itu kehilangan surat penting dan uang tunai Rp300 ribu. Sebelum beraksi di Jalan Rejowinangun Kotagede dan Jalan Pleret.

Diduga ia telah melakukan aksi serupa puluhan kali di berbagai lokasi. Sasarannya, perempuan yang berjalan di tempat sepi, terutama di jam pulang kerja.

Dari lokasi kejadian petugas menyita motor Yahama RX King dan sejumlah barang hasil kejahatan tersangka. Jenazah dibawa ke RSUP Sardjito setelah sebelumnya dibawa RS Hidayatullah Yogya.

Senin pagi, polisi kembali melakukan olah TKP dan mencari barang bukti lain yang masih ada di lokasi kejadian.

Tertangkapnya Ag berawal dari laporan ke Polsek Pleret. Ketika sudah menerima laporan, petugas dipimpin Kapolsek Pleret AKP Danang Kuntadi menyelidiki di Ringroad Selatan Singosaren Banguntapan Bantul.

Polisi langsung menghadang ke lokasi karena ditengarai dijadikan lokasi pelaku kejahatan membuang barang bukti.

Danang mengungkapkan, bersama anggota Polsek Banguntapan menyisir di sekitar Jalan Lingkar Selatan Banguntapan. Saat menyambangi di Singosaren ketika memburu pelaku, dari utara jalan kampung melaju Yamaha RX King dan langsung berhenti di timur pabrik konveksi.

"Saat berhenti, pengendara sepertinya melemparkan sesuatu. Kami curiga," paparnya. Anggota Unit Reskrim Polsek Pleret Brigadir Bibit Untoro berusaha mendekati menanyakan kepada pelaku dan memintanya untuk segera menyerah.

Namun justru justru menyalakan sepeda motor dan bersiap pergi. Bibit langsung melepaskan tembakan peringatan tiga kali.

Bukannya berhenti, namun pelaku makin beringas dan langsung menabrak bibit hingga tersungkur, RX King melaju ke selatan.

Mengetahui targetnya kabur, Bibit langsung menembak mengenai tersangka. Meski mengalami luka tembak di punggung bagian kiri pelaku tetap kabur.

"Walau sudah ditembak, tersangka nekat masuk Jalan Lingkar Selatan menerobos jalur sepeda dari arah berlawanan. Dalam pelariannya melawan arus, tersangka tewas setelah menabrak pembatas jalan. Jarak dari penembakan sekitar 500 meter," paparnya.

Kapolres Bantul AKBP Surawan mengungkapkan, tersangka sudah puluhan kali menjambret di Bantul dan Yogyakarta. Sasarannya selalu sama, yakni perempuan yang melintas jalan sepi.

Pelaku juga mencari waktu ketika karyawan pulang kerja atau waktu sepi lainnya."Kalau nggak sebelum maghrib ya selama Jum'atan," ujarnya.
(sms)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak