World Tourism Day 2022, Menparekraf Sandiaga Uno Optimistis Bawa Dampak Positif Kebangkitan Sektor Pariwisata

Selasa, 27 September 2022 - 18:29 WIB
loading...
World Tourism Day 2022, Menparekraf Sandiaga Uno Optimistis Bawa Dampak Positif Kebangkitan Sektor Pariwisata
Menparekraf Sandiaga Uno berbicara di Forum Menteri Pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20 di Nusa Dua, Bali, Senin (26/9/2022). Foto/Ist
A A A
DENPASAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno berharap peringatan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) 2022 di Bali akan membawa dampak positif bagi kebangkitan sektor pariwisata pasca pandemi.

Harapan itu sesuai dengan kesepakatan Bali Guidelines yang dilahirkan dalam Forum Menteri Pariwisata G20. Lima kerangka aksi Bali Guidelines disepakati dalam forum Tourism Ministerial Meeting di Bali. Di antaranya penguatan UMKM, penguatan SDM, keberpihakan kepada kaum muda dan perempuan, digitalisasi dan ekonomi hijau melalui desa wisata berkelanjutan.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: World Tourism Day Momentum Pulihkan Pariwisata yang Manusiawi

"Bali guidelines akan fokus kepada komunitas dan UMKM," kata Sandiaga di puncak peringatan World Tourism Day di Nusa Dua, Bali, Selasa (27/9/2022).

Poin yang sangat menarik dalam Bali Guidelines yaitu mengenai lapangan kerja. "Jadi bagaimana lapangan kerja di sektor pariwisata itu bukan yang tidak memberdayakan, tapi ke depan harus berkualitas yang memberikan peningkatan penghasilan dan kesejahteraan," ujarnya.

Sandiaga mencatat per hari ini masih ada 180 juta lapangan kerja yang belum kembali akibat pandemi. "Kita harus pastikan lapangan kerja ini segera kembali dengan pendekatan tadi," imbuh dia.

Bali Guideline akan menjadi bekal untuk menyambut era baru dari pariwisata. "Indonesia sekarang dianggap negara yang membawa satu perubahan dan menciptakan satu kepemimpinan baru di pariwisata dunia," tandasnya.

Baca juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Tuan Rumah Hari Pariwisata Dunia

Sandiaga menambahkan, pemulihan sektor pariwisata ini bukan hanya angka-angka. "Tapi ada manusianya di balik angka-angka itu. Jadi tidak lagi berpikir pertumbuhan berapa persen, devisa berapa miliar dolar, tapi lebih bagaimana dampaknya kepada kelangsungan kehidupan manusia," paparnya.

Dengan tema rethinking tourism dalam peringatan World Tourism Day ke-42 ini, Sandiaga mendorong bagaimana sektor pariwisata bisa menyediakan lapangan pekerjaan yang berkualitas, meningkatkan penghasilan, pendidikan, kesehatan hingga kesejahteraan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1706 seconds (10.101#12.26)