Ketahanan Pangan Daerah, Program Jangka Panjang untuk Bentengi Hantaman Inflasi

Selasa, 27 September 2022 - 09:05 WIB
loading...
Ketahanan Pangan Daerah, Program Jangka Panjang untuk Bentengi Hantaman Inflasi
Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran. Foto Doc. Pemprov Kalteng
A A A
KOTA PALANGKA RAYA - Upaya Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah kendalikan inflasi daerah benar-benar fokus terhadap upaya jangka pendek, menengah dan jangka Panjang. Penyelenggaraan pasar murah, pasar penyeimbang hingga Bantuan Langsung Tunai ( BLT) , merupakan upaya jangka pendek untuk menjaga daya beli masyarakat, yang terdampak karena kenaikan BBM dan inflasi.

Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran kembali menyusuri wilayah barat untuk meninjau langsung pelaksanaan pasar murah dan pasar penyeimbang, setelah sehari sebelumnya bersama Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo meninjau langsung Pasar Penyeimbang dan Pasar Murah di Kecamatan Baamang dan Kelurahan Mentaya Seberang Kecamatan Seranau Kabupaten Kotawaringin Timur.

Mengawali kunjungan kerja ke Kabupaten Seruyan, Gubernur Sugianto Sabran menyambangi Pasar Simpang Sebabi Kecamatan Telawang Kabupaten Kotawaringin Timur, Senin (26/9/2022). Pada kesempatan tersebut, Gubernur berkeliling pasar untuk memantau harga sembako yang dijual dan berdialog dengan para pedagang. Gubernur juga membagikan tali asih kepada sebagian pedagang yang berjualan di Pasar Simpang Sebabi tersebut, seraya memberikan penguatan kepada warga setempat, bahwa inflasi akan bisa dilewati dengan semangat kebersamaam.

“Agar bersabar, pemerintah akan bekerja keras untuk mengatasi inflasi ini, tapi tentu harus didukung sepenuhnya oleh masyarakat” ucap Sugianto, sembari memberikan tali asih secara pribadi kepada pedagang.

Selanjutnya Gubernur Sugianto Sabran beserta Ketua TP. PKK Provinsi Kalimantan Tengah Ivo Sugianto Sabran dan rombongan bertolak menuju Desa Rungau Kecamatan Danau Seluluk, Kabupaten Seruyan. Setibanya, Gubernur membuka secara resmi pasar murah dan pasar penyeimbang bertempat di halaman kantor desa setempat. Sebanyak 200 paket sembako bersubsidi disediakan untuk warga setempat, yang harusnya membeli denga harga 50 ribu rupiah per paket, kembali Gubenur membeli semua paket secara pribadi seluruh paket, selanjutnya dibagikan gratis kepada warga.

“ Untuk meringankan warga yang saya cintai, hari ini saya secara pribadi yang akan membeli semua paket tersebut, sehingga bapak dan ibu bisa memperolehnya secara gratis. Hal ini merupakan bentuk keseriusan kami baik selaku pemerintah maupun pribadi, untuk meringankan beban masyarakat yang terdampak inflasi ini “ ungkapnya , yang disambut tepuk tangan dan ucapan terima kasih dari warga setempat.

Sebagai informasi, Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Prov. Kalteng menyediakan 200 paket sembako di Kantor Desa Rungau ini. Paket tersebut berisikan beras lima kilogram, gula dua kilogram, minyak dua liter dan susu kaleng satu buah, dengan nilai per paket Rp150.0000.

Rangkaian kunjungan berikutnya H. Sugianto Sabran beserta Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran meninjau Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang di Halaman GOR Bulu Tangkis Kecamatan Hanau Kabupaten Seruyan. Kedatangan orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai tersebut dan rombongan disambut langsung oleh Bupati Seruyan Yulhaidir dan Pj. Bupati Kotawaringin Barat Anang Dirjo.

Pada saat membuka kegiatan, Gubernur Sugianto Sabran mengatakan bahwa Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang dilaksanakan masih dalam suasana Covid-19, sehingga harus ada kegiatan vaksin yang dilaksanakan sejalan. “Saat ini, di dalam GOR Bulu Tangkis Kecamatan Hanau ini dilaksanakan vaksinasi secara bersamaan, kita harus tangani secara bersamaan, baik pengendalian inflasi, namun jangan lengah Covid-19 belum berakhir, untuk itu agar semua warga wajib mengikuti vaksin, Pemprov Kalteng sudah menyediakan gerai vaksin, baik vaksin 1 hingga boster” imbuhnya.

Hal yang sama dilakukan oleh Gubernur, kembali membeli semua paket yang disediakan, yaitu sebanyak 2000 paket sembako, selanjutnya dibagikan secara gratis kepada warga setempat” Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua, dan senantiasa kita terus berdo’a, agar inflasi terkendali, covid 19 segera berakhir, ekonomi pun segera pulih kembali” ucap Gubernur.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2197 seconds (0.1#10.140)