Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Tuan Rumah Hari Pariwisata Dunia

Selasa, 27 September 2022 - 09:10 WIB
loading...
Menparekraf Sandiaga Uno: Indonesia Tuan Rumah Hari Pariwisata Dunia
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno
A A A
DENPASAR - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengajak seluruh pihak memeriahkan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang jatuh hari ini, Selasa (27/9/2022).

Perayaan Hari Pariwisata Dunia dipusatkan di Bali bertepatan dengan digelarnya Forum Menteri Pariwisata (Tourism Ministerial Meeting) negara anggota G20.

"Perayaan ini menjadi sejarah besar bagi Indonesia karena untuk pertama kalinya Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah penyelenggaraan Hari Pariwisata Dunia," kata Sandiaga.

Baca juga: Majapahit Travel Fair Momen Dongkrak Kunjungan Wisatawan ke Jawa Timur

Menurutnya, Indonesia mendapat kehormatan memimpin untuk memikirkan kembali kebangkitan pariwisata yang berbasis masyarakat untuk menciptakan pembangunan yang berkeadilan terutama dalam menciptakan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini

Pelaksanaan ini juga sebagai wujud pengejawantahan dari Gerak Cepat yang diinstruksikan Presiden Joko Widodo dalam mendukung kebangkitan ekonomi dan terbukanya lapangan kerja.

Sandiaga berharap peringatan Hari Pariwisata Dunia akan mampu membawa dampak yang positif bagi kebangkitan sektor pariwisata paska pandemi.

Harapan itu sesuai dengan kesepakatan Bali Guidelines yang dilahirkan dalam Forum Menteri Pariwisata G20. "Bali guidelines akan fokus kepada komunitas dan UMKM," ujarnya.

Poin yang sangat menarik dalam Bali guidelines yaitu mengenai lapangan kerja. "Jadi bagaimana lapangan kerja di sektor pariwisata itu bukan yang tidak memberdayakan, tapi ke depan harus berkualitas yang memberikan peningkatan penghasilan dan kesejahteraan," tandas Sandi.

Dia mencatat per hari ini masih ada 180 juta lapangan kerja yang belum kembali akibat pandemi. "Kita harus pastikan lapangan kerja ini segera kembali dengan pendekatan tadi," imbuh dia.

Bali Guideline akan menjadi bekal untuk menyambut era baru dari pariwisata. "Indonesia sekarang dianggap negara yang membawa satu perubahan dan menciptakan satu kepemimpinan baru di pariwisata dunia," tutup Sandiaga.
(msd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1619 seconds (0.1#10.140)