alexametrics

Mangga Gedong Gincu Majalengka Kalah Populer, Ini Penyebabnya

loading...
Mangga Gedong Gincu Majalengka Kalah Populer, Ini Penyebabnya
Kabid Komunikasi Dinas Komunikasi Diskominfo Kabupaten Majalengka Yudi Prasetiadi (batik cokelat) saat bincang santai. Foto/SINDOnews/Inin Nas
A+ A-
MAJALENGKA - Wilayah Ciayumajakuning dan Sumedang tercatat sebagai daerah sentra mangga gedong gincu di Jawa Barat.

Kabupaten Majalengka pun telah memiliki sertifikat dari Departemen Pertanian untuk induk dari pohon mangga gedong jenis gincu itu. Saat ini, ada dua induk pohon gedong gincu yang terletak di area Pendopo.

Namun, dalam perjalanannya di pasar, pecinta mangga gedong gincu lebih akrab dengan gedong gincu dari luar Kabupaten Majalengka.

Padahal, tidak menutup kemungkinan mangga gedong gincu itu sebenarnya hasil dari para petani Majalengka.



"Kita susah untuk menembus pasar. Kita lebih sebagai penyedia," kata Kabid Diskominfo Kabupaten Majalengka Yudi prasetiadi saat hadir sebagai pembicara dalam bincang santai di Sekretatiat PWI, Jumat (3/7/2020).

Di luar masih sulitnya pemasaran, Yudi menjelaskan, saat ini produksi mangga gedong gincu di Kabupaten Majalengka juga mulai terancam.



Hal itu seiring mulai berkurangnya tingkat kesuburan kebun mangga gedong gincu di beberapa daerah yang selama ini dikenal sebagai sentra gedong gincu.

"Di (Kecamatan) Panyingkiran, pohonnya sudah tua, (hasil panennya) berkurang," ungkap dia. (Baca juga: Reproduksi COVID-19 Naik, Gubernur Tak Akan Berlakukan Lagi PSBB Provinsi)
halaman ke-1 dari 2
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak