5 Tradisi Cari Jodoh Unik di Nusantara: Omed-omedan sampai Gredoan Cuma Ada di Indonesia

Jum'at, 23 September 2022 - 16:55 WIB
loading...
5 Tradisi Cari Jodoh Unik di Nusantara: Omed-omedan sampai Gredoan Cuma Ada di Indonesia
Tradisi cari jodoh di Indonesia masih banyak dipercaya dan dilakukan sampai sekarang. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Tradisi cari jodoh di Indonesia masih banyak dipercaya dan dilakukan sampai sekarang. Terdiri dari berbagai suku dan atau keturunan yang berbeda-beda, Indonesia memiliki cukup banyak kebudayaan dan tradisi yang terus dilestarikan.

Dari sekian banyak kebudayaan, salah satu yang cukup menarik perhatian adalah tradisi cari jodoh. Bagi sebagian orang, jodoh atau pendamping hidup mungkin menjadi masalah pribadi yang ditentukan sesuai keinginan.

Baca juga : Pesta Budaya Rondang Bittang, Momen Muda Mudi Simalungun Cari Jodoh

Akan tetapi, di berbagai penjuru Indonesia terdapat sejumlah tradisi unik tentang pencarian pasangan hidup ini.

Berikut lima tradisi cari jodoh unik di nusantara yang perlu diketahui.

1. Omed-Omedan (Bali)

Bali dikenal sebagai salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tradisi unik. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah tradisi omed-omedan.

Dikutip dari pemberiaan MPI, Omed-omedan bisa dibilang sebagai tradisi mencari jodoh yang cukup ekstrem di Indonesia. Dalam bahasa Bali, Omed-omedan berarti saling tarik menarik.

Adapun untuk pesertanya sendiri adalah laki-laki atau perempuan dengan usia antara 17-30 tahun dan wajib mengenakan pakaian warna putih. Syarat lainnya adalah peserta belum menikah atau tidak sedang menstruasi.

Teknisnya, peserta akan dibagi menjadi dua kelompok dan dilanjutkan aksi dorong mendorong oleh perwakilan salah satu kubu. Kemudian, peserta diperbolehkan untuk berpelukan atau berciuman dengan lawan jenis.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1600 seconds (10.177#12.26)