Perhatian! Berita ini memuat konten dewasa.
Apakah anda sudah berusia 17 tahun atau lebih?

Pesta Budaya Rondang Bittang, Momen Muda Mudi Simalungun Cari Jodoh

loading...
Pesta Budaya Rondang Bittang, Momen Muda Mudi Simalungun Cari Jodoh
Kontingen dari 34 kecamatan mengikuti parade pembukaan Pesta Rondang Bittang dengan mengenakan pakaian adat. Foto SINDOnews
SIMALUNGUN - Masyarakat Kabupaten Simalungun merupakan salah satu masyarakat di Sumatera Utara yang kaya akan kesenian dan budaya yang sampai sekarang tetap dijaga kelestariannya.

Salah satu pesta budaya yang setiap tahun dilaksanakan adalah 'Rondang Bittang' (PRB) yang diikuti utusan dari 32 kecamatan di Kabupaten Simalungun. Baca juga: Menjabat Hitungan Bulan, Bupati Radiapoh Sudah Mau Berhutang Rp500 Miliar ke PT SMI

Pesta Rondang Bittang merupakan perayaan ungkapan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas hasil panen, namun lebih diperuntukan bagi muda mudi dan dilaksanakan pada terang bulan.

Pesta biasanya dilaksanakan dengan sangat meriah dan dihadiri muda mudi yang sudah menunggu-nuggu pesta yang digelar setiap tahun.

Muda mudi Simalungun juga menjadikan PRB untuk melirik pasangan hidupnya dan tidak sedikit yang usai bertemu dalam pesta itu melanjutkan hubungan hingga ke jenjang pernikahan.

Sayangnya PRB yang juga menyajikan pameran komoditi unggulan dari 34 kecamatan dan menjadi sajian pariwisata rutin, sejak pandemi COVID-19 tidak terselenggara.



Setiap kali pelaksanaannya, juga diperlombakan berbagai cabang olahraga tradisional Simalungun dan kecamatan terbaik akan mendapat piala dan penghargaan dari bupati.

Biasanya untuk memulai pesta “Rondang Bittang” diawali dengan mamuhun. Mamuhun berarti meminta ijin pada keturunan Raja Simalungun untuk melaksanakan adat. Baca juga: Tortor Sombah Tarian Khas Simalungun Penghormatan dan Pengikat Hati

Pihak yang menggelar kegiatan akan memberikan sirih, ayam, beras dan sejumlah uang. Dalam meminta ijin kepada raja-raja diberikan sejumlah uang mulai dari 6,12,24 dan 48 dalam bentuk sen dahulu dan saat ini dalam bentuk rupiah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top