Selamat! Bupati Jayapura Bawa Pulang Penghargaan KDI 2022 lewat Program Distrik Membangun-Membangun Distrik

Kamis, 22 September 2022 - 23:40 WIB
loading...
Selamat! Bupati Jayapura Bawa Pulang Penghargaan KDI 2022 lewat Program Distrik Membangun-Membangun Distrik
Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Timothius J Demetouw, meraih apresiasi dalam kategori Pelayanan Publik.
A A A
SEMARANG - Ajang penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) 2022 kembali digelar. Kali ini KDI 2022 diselenggarakan di Sam Poo Kong, Semarang, Kamis (22/9/2022).

KDI 2022 merupakan ajang penghargaan sekaligus apresiasi yang diberikan kepada para kepala daerah berprestasi baik di tingkat kabupaten, kota, maupun provinsi. Pada ajang KDI yang bertema Inovasi untuk Akselerasi Kemajuan Daerah Menyongsong Era Society 5.0 ini terdapat lima kategori penghargaan yakni Pelayanan Publik, Ekonomi, Pariwisata, Kesehatan dan Pendidikan.

Salah satu penghargaan diberikan pada Bupati Jayapura Mathius Awoitauw yang diwakili oleh Asisten Sekretaris Daerah Bidang Administrasi Umum Timothius J Demetouw, meraih apresiasi dalam kategori Pelayanan Publik. Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada MNC Group, MNC Portal dan Koran Sindo yang telah memilihnya sebagai salah satu Kepala Daerah Inovatif 2022.

“Saya mengucapkan terima kasih pada MNC Group yg memberikan apresiasi KDI 2022 dengan kategori pelayanan publik dan bagi kami ini luar biasa mendapatkan penghargaan KDI 2022,” tuturnya.

“Inovasi yang kami lakukan adalah distrik membangun dan membangun distrik di Jayapura. Di mana Jayapura melalui kepemimpinan bupati memberikan dana dalam pendekatan kewilayahan kepada distrik untuk melakukan pembangunan melalui dana ADK atau anggaran dana desa kepada kampung dan distrik di Jayapura dalam berbagai bidang, yang pertama menyangkut data, informasi dan pendidikan dan pelatihan serta pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.

Ia melanjutkan, hal ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dan diikuti pelayanan KTP yang tadinya berada di kabupaten yang dilimpahkan ke distrik, termasuk pelayanan perizinan, pendapatan semua telah diserahkan ke distrik, sebagai pusat data dan pusat informasi, sebagai pusat pelayanan pendidikan pelatihan dan ekonomi.
Selamat! Bupati Jayapura Bawa Pulang Penghargaan KDI 2022 lewat Program Distrik Membangun-Membangun Distrik

Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004 tentang Pemerintah Daerah dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan Menjadi Salah Satu Perubahan yang Sangat Esensial, karena menyangkut kedudukan, tugas pokok dan fungsi.

Sebelumnya, kecamatan merupakan perangkat daerah otonom dalam rangka pelaksanaan asas desentralisasi, ditambah perannya kini menjadi daerah otonom yang juga melaksanakan urusan pemerintahan umum.

Selain itu, ada perubahan kelurahan yang sebelumnya merupakan wilayah kerja, saat ini menjadi perangkat kecamatan dan bertanggung jawab kepada camat.

Perihal distrik tidak dalam kerangka untuk diri sendiri tetapi distrik untuk pelayanan kepada masyarakat.

Timothius juga menghaturkan terima kasih kepada masyarakat Jayapura dan juga pada OPD serta pihak-pihak yang telah bekerja sama atas terselenggaranya program ini. Tak lupa, ia mengucapkan terima kasih kepada Pemko Semarang yang telah menjadi tuan rumah ajang KDI 2022.

“Kami terima kasih pada Pemko Semarang menjadi tuan rumah pemberian apresiasi KDI 2022, semoga akan berlanjut,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu, Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Tbk Agung Firman Sampurna, Direktur Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution, serta jajaran Direktur MNC Portal Indonesia.

Komisaris Utama PT MNC Asia Holding Agung Firman mengatakan, seiring berjalannya desentralisasi begitu banyak masalah dalam konteks sumber daya dan regulasi.

“Oleh karena itu, dibutuhkan terobosan, inovasi. Hari ini kita menghadirkan para kepala daerah, para bupati, dan wali kota yang telah menghasilkan berbagai macam inovasi sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan, Covid-19 memberikan pelajaran yang luar biasa Indonesia, betapa susahnya mengelola melakukan tata kelola pemerintahan daerah.

“Maka dalam kondisi yang sangat penuh tantangan, ini ketika kita menemukan ada gubernur inovatif, ada bupati inovatif, ada wali kota inovatif tentu ini adalah satu hal yang menggembirakan dan membanggakan,” ujarnya.

Selamat kepada para penerima penghargaan!

(Agustina Wulandari)
(srf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2321 seconds (0.1#10.140)