Panen Melimpah, Harga Durian di Merangin Jambi Cuma Rp3 Ribu

Kamis, 22 September 2022 - 21:18 WIB
loading...
Panen Melimpah, Harga Durian di Merangin Jambi Cuma Rp3 Ribu
Buah durian di beberapa wilayah di Indonesia harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu perbuahnya. MPI/Fahrurozi
A A A
MERANGIN - Buah durian di beberapa wilayah di Indonesia harganya bisa mencapai puluhan bahkan ratusan ribu perbuahnya.

Namun di Kabupaten Merangin, Jambi saat ini buah durian seolah tak memiliki harga. Pasalnya, saat ini di wilayah berjuluk tali undang tambang teliti itu tengah panen raya buah durian.

Bahkan, hampir di seluruh kecamatan di kabupaten Merangin mengalami panen durian, salah satunya di Kecamatan Muara Siau. Di wilayah tersebut harga durian dijual kisaran Rp3 ribu untuk ukuran kecil, Rp5 ribu untuk ukuran sedang, Rp8 ribu untuk ukuran besar dan Rp10 ribu untuk ukuran jumbo.

Hal ini di akui oleh Junet, salah satu warga yang juga pengepul buah durian di Kecamatan Muara Siau. Menurutnya, buah durian pada tahun ini sangat melimpah hingga harganya pun jatuh.

"Kalau tahun lalu kurang buahnya, yang sekarang ini kami jual Rp3 ribu, dulu dijual sampai Rp15 ribu. Durian di sini memang asli durian hutan namun soal rasanya tidak kalah dengan durian yang dijual di kota-kota," kata Junet.

Baca: Perahu Terbalik saat Menyeberangi Sungai, Warga Merangin Hilang Terseret Arus.

Hal senada diungkapkan pedagang lainnya bernama Hamzah, karena sangat melimpah hingga dirinya menjual ke luar daerah.

"Kami menjual hingga ke kabupaten tetangga atau bahkan hingga ke Provinsi Sumatera Barat. Sebab kalau dijual di Kabupaten Merangin tidak dapat hasil. Bahkan banyak durian kami ini busuk tidak termakan hingga kami jadikan tempoyak yang nantinya untuk bahan campuran sayur. Hal ini kami lakukan untuk mengurangi kerugian," pungkas Hamzah.

Baca Juga: Akses Jalan Ditutup, Pria di Kota Mataram Bakar Rumah Tetangga.
(nag)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1107 seconds (10.101#12.26)