4 Julukan Kota di Indonesia yang Punya Unsur Mistis, Nomor 3 Kota Santet

Kamis, 15 September 2022 - 17:22 WIB
loading...
4 Julukan Kota di Indonesia yang Punya Unsur Mistis, Nomor 3 Kota Santet
Terdapat empat julukan kota di Indonesia yang memiliki unsur mistis. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat julukan kota di Indonesia yang memiliki unsur mistis . Hal ini didasari dari cerita rakyat, mitos atau peristiwa yang pernah terjadi di kota tersebut.

Julukan beberapa kota di Indonesia memang beragam mulai dari Paris Van Java di Bandung, atau Kota Pahlawan di Surabaya. Bukannya memiliki julukan kota yang mentereng, beberapa kota di Indonesia ini justru memiliki julukan yang erat kaitannya dengan unsur mistis.

Baca juga : Julukan Bogor Kota Sejuta Angkot, Akankah Hilang dengan Dibangunnya LRT?

Berikut empat julukan kota di Indonesia yang punya unsur mistis dilansir dari berbagai sumber :

1. Banten - Tanah Jawara atau Debus

Dilansir dari dpmptsp.bantenprov.go.id, Debus merupakan kesenian tradisional yang terdapat di Provinsi Banten yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh manusia dari berbagai macam benda tajam.

Kesenian ini telah ada pada abad ke-16, masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Hal ini juga membuat Banten dijuluki sebagai Tanah Jawara.

Kedua julukan ini memang berkaitan mengingat banyaknya jawara di Banten yang dikenal memiliki ilmu kebal. Tradisi debus ini juga kerap menarik para wisatawan.

2. Tapaktuan - Kota Naga

Tapaktuan merupakan nama dari ibukota Kabupaten Aceh Selatan. Selain terkenal akan legenda tapak kaki tuan tapa, kota ini juga memiliki julukan mistis yang cukup sangar dan jarang diketahui.

Kota Naga, merupakan julukan dari kota ini. Dimana julukan tersebut didapat dari sebuah legenda Putri Naga dan Tuan Tapa yang sudah menjadi sejarah lisan masyarakatnya secara turun temurun.

Legenda ini mengisahkan tentang sepasang naga yang tinggal di teluk Tapaktuan. Dimana pada zaman dahulu kala sempat terjadi pertarungan antara dua naga dengan Tuan Tapa yang berhasil dimenangkan oleh sang Tuan Tapa.

Baca juga : Sejarah Kelam Tragedi Pembantaian Dukun Santet Banyuwangi 1998

3. Banyuwangi - Kota Santet

Selain memiliki julukan The Sunrise of Java, kota yang berada di Jawa Timur ini juga memiliki julukan yang lain dan erat kaitannya dengan hal mistis, yaitu Kota Santet.

Julukan ini disematkan semenjak peristiwa pada tahun 1998 yang menggemparkan Banyuwangi. Di mana terdapat pembantaian besar besaran terhadap dukun santet oleh oknum yang sampai saat ini masih belum terungkap.

Tragedi memilukan ini telah menjadi sejarah kelam di Banyuwangi. Meskipun sebelumnya kota itu memang dikenal memiliki banyak dukun santet. Namun karena adanya peristiwa tersebut membuat pamor julukan Kota Santet semakin melekat di sana.

4. Pati - Kota Dukun

Julukan Kota Dukun disematkan di Pati mengingat di Kabupaten tersebut memang dikenal sebagai sarang Paguyuban Paranormal Indonesia yang dipimpin oleh Eddy Rusmanto yang dikenal sebagai juru kunci alam gaib.

Pati memang memiliki sejarah panjang mengenai dunia keramat di Indonesia. Ini dibuktikan dari banyaknya makam tokoh spiritual di antaranya seperti makam Mutamakin, Syeh Jangkung, dan Saridin.

Sampai saat ini diketahui bahwa di Pati masih melanjutkan kegiatan kegiatan paranormal dengan cara yang masih tradisional. Paguyuban paranormal di Kota Dukun ini juga telah memiliki ribuan anggota.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)