4 Julukan Kota di Indonesia yang Punya Unsur Mistis, Nomor 3 Kota Santet

Kamis, 15 September 2022 - 17:22 WIB
loading...
4 Julukan Kota di Indonesia yang Punya Unsur Mistis, Nomor 3 Kota Santet
Terdapat empat julukan kota di Indonesia yang memiliki unsur mistis. Foto DOK Ist
A A A
JAKARTA - Terdapat empat julukan kota di Indonesia yang memiliki unsur mistis . Hal ini didasari dari cerita rakyat, mitos atau peristiwa yang pernah terjadi di kota tersebut.

Julukan beberapa kota di Indonesia memang beragam mulai dari Paris Van Java di Bandung, atau Kota Pahlawan di Surabaya. Bukannya memiliki julukan kota yang mentereng, beberapa kota di Indonesia ini justru memiliki julukan yang erat kaitannya dengan unsur mistis.

Baca juga : Julukan Bogor Kota Sejuta Angkot, Akankah Hilang dengan Dibangunnya LRT?

Berikut empat julukan kota di Indonesia yang punya unsur mistis dilansir dari berbagai sumber :

1. Banten - Tanah Jawara atau Debus

Dilansir dari dpmptsp.bantenprov.go.id, Debus merupakan kesenian tradisional yang terdapat di Provinsi Banten yang menampilkan atraksi kekebalan tubuh manusia dari berbagai macam benda tajam.

Kesenian ini telah ada pada abad ke-16, masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Hal ini juga membuat Banten dijuluki sebagai Tanah Jawara.

Kedua julukan ini memang berkaitan mengingat banyaknya jawara di Banten yang dikenal memiliki ilmu kebal. Tradisi debus ini juga kerap menarik para wisatawan.

2. Tapaktuan - Kota Naga

Tapaktuan merupakan nama dari ibukota Kabupaten Aceh Selatan. Selain terkenal akan legenda tapak kaki tuan tapa, kota ini juga memiliki julukan mistis yang cukup sangar dan jarang diketahui.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2178 seconds (0.1#10.140)